Senin 16 Nov 2020 06:03 WIB

Kesaksian Pelayan Nabi Soal Akhlak Rasulullah SAW

Nabi Muhammad tak pernah memperlakukan pelayan dengan semena-mena

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tiada satu pun manusia di muka bumi yang memiliki akhlak semulia Nabi Muhammad SAW. Akhlak luhur dan agung Nabi ini pun diungkapkan berdasarkan kesaksian pelayannya.

Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho menjelaskan, salah satu pelayan Nabi yang mengabdi selama 10 tahun kepada Nabi bernama Anas bin Malik. Dari waktu pengabdian yang cukup lama itu, menurut beliau, sahabat Anas bin Malik tak pernah mendapati perlakuan Nabi terhadapnya yang semena-mena.

“Nabi itu kalau kata sahabat Anas bin Malik, tidak pernah menyalah-nyalahkannya. Tidak pernah Nabi membentak, apalagi berlaku kasar,” kata KH Asin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center, Ahad (15/11).

Bahkan berdasarkan hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, dia berkata: “Maa raitu ahadan kana arhama bil-‘iyali min Rasulillah,”. Yang artinya: “Tidak pernah aku (Anas bin Malik) melihat ada orang yang paling mencurahkan kasih sayangnya kepada ahlu bait (keluarga dan kerabat) dari sayangnya Rasulullah,”.

 

Maka beliau menjelaskan, dari kesaksian orang-orang terdekat dan yang sering melayani Nabi saja, akhlak Nabi tak pernah tercela sama sekali. Nabi merupakan sosok teladan yang penuh dengan cinta kasih.

“Rahmatuhu bil-ahni wal-‘iyal (bagaimana Nabi itu merupakan sosok yang mencurahkan kasih sayangnya ke keluarga),” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement