Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Senin 16 Nov 2020 00:01 WIB

Red: Andri Saubani

Pembalap MotoGP Spanyol Joan Mir dari Suzuki Ecstar mengambil tikungan saat balapan Motul Comunitat Valenciana GP di lintasan Sirkuit Ricardo Tormo, di Cheste, Valencia, Spanyol timur, 15 November 2020.

Pembalap MotoGP Spanyol Joan Mir dari Suzuki Ecstar mengambil tikungan saat balapan Motul Comunitat Valenciana GP di lintasan Sirkuit Ricardo Tormo, di Cheste, Valencia, Spanyol timur, 15 November 2020.

Foto: EPA-EFE/Kai Foersterling
Finis ketujuh di Valencia cukup bagi Mir jadi juara dunia MotoGP untuk kali pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pembalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir memastikan merebut gelar juara dunia MotoGP perdananya di Grand Prix Valencia pada Ahad (15/11), ketika Franco Morbidelli meraih kemenangan ketiganya musim ini dengan menjuarai balapan penultima (seri kedua terakhir) pada 2020 ini. Finis di urutan ketujuh sudah cukup mengantarkan Mir menjadi juara dunia MotoGP untuk kali pertama.

Pembalap tim Pramac Racing Jack Miller mengamankan poin untuk Ducati di klasemen konstruktor setelah finis runner-up. Sedangkan, Pol Espargaro kembali finis ketiga untuk kedua kalinya secara beruntun bagi tim KTM Factory Racing.

Setelah meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix Eropa, Mir mengawali Grand Prix Valencia, yang sama-sama digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, dengan keunggulan 37 poin dari Quartararo dan Rins di klasemen. Meski dibuat kecewa dengan hasil P12 di kualifikasi, Mir cukup menjaga ritmenya di balapan seri ke-13 itu dan finis P7 di belakang dua pebalap KTM Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Sementara, rekan satu timnya, Alex Rins tak ingin ketinggalan dalam perebutan gelar dan tampil lebih agresif sejak start dari P14 dan mengakhiri balapan di P4. Dengan tambahan 25 poin, posisi Mir di puncak klasemen mustahil terkejar dengan satu seri tersisa musim ini di Portugal pekan depan sehingga pebalap Spanyol itu mengulangi kejayaan Suzuki di kelas premier pada 2000 ketika pebalap Amerika Kenny Robert Jr meraih gelar juara dunia bagi tim asal Hamamatsu, Jepang itu.

Mir, yang merupakan juara dunia Moto3 2017, meraih titel pertamanya di MotoGP di tahun keduanya ia turun di kelas premier. Sementara itu, perburuan gelar bagi Quartararo berakhir dini ketika ia terjatuh di lap kesembilan dan gagal menyelesaikan lomba. Sebelum terjatuh, pembalap Prancis itu juga mengalami masalah dengan motor Yamahanya setelah melebar di Tikungan 1 di lap pembuka.

Rekan satu tim Quartararo di Petronas Yamaha, Morbidelli justru tampil dominan sejak start dari pole position dan mampu menahan gempuran Miller di lap terakhir hingga finis 0,093 detik dari sang pebalap Australia itu, demikian laman resmi MotoGP. Dengan hasil tersebut, Morbidelli menempatkan dirinya di peringkat dua klasemen dengan koleksi 142 poin, terpaut 29 poin dari Mir, dan Rins bertahan di peringkat tiga dengan 138 poin, unggul 11 poin dari Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha.

Kemenangan Mir tersebut menjadi bekal bagi Suzuki yang berpeluang mengunci tiga gelar juara, dengan perebutan titel tim dan pabrikan di Portimao pekan depan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA