Ahad 15 Nov 2020 22:31 WIB

Lego Rilis Seri Terbesarnya Roman Colosseum

Lego 'Roman Colosseum' akan dijual sekitar Rp 8 juta akhir November mendatang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Lego Colosseum
Foto: Tangkapan layar youtube
Lego Colosseum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lego merilis seri terbesarnya Roman Colosseum dalam 9.036 bagian. Permainan ini dirilis lengkap dengan pemandangan sekitarnya.

Mainan baru lego ini sengaja diluncurkan untuk mengisi waktu karantina selama pandemi. Pasalnya, satu set Lego kemungkinan akan membutuhkan waktu dua pekan untuk diselesaikan.

Baca Juga

Struktur mainan yang besar ini memiliki tinggi 27cm, lebar 52cm, dan kedalaman 59cm. Hal ini menjadikannya set Lego terbesar yang pernah diproduksi. Sebelumnya, lego terbesar yang pernah dirilis adalah Lego Millennium Falcon dari Star Wars.

Menurut perusahaan, model ini menampilkan banyak detail yang nyata dan Colosseum dengan kolom gaya 'Doric, Ionic, dan Corinthian'. Kolom-kolom ini telah dibuat ulang seperti aslinya dalam bentuk bata LEGO.

"Kolom dibuat dengan menggunakan berbagai teknik bangunan kreatif, termasuk volute dekoratif yang telah dibuat menggunakan elemen roller skate LEGO yang telah diwarnai ulang yang telah dibalik untuk menciptakan tampilan yang otentik," tulis perusahaan, dilansir di Fox News, Ahad (15/11).

Desainer Rok Zgalin Kobe mengakui, versi Lego dari amfiteater ikonik ini tidak sepenuhnya sesuai dengan bentuk bersejarah. Menurutnya, salah satu tantangan terbesar dan hal terpenting adalah menyampaikan monumentalitas Colosseum dalam bentuk LEGO.

Ia merasa, model LEGO harus menampilkan ciri arsitektural khusus dari aslinya, dan deretan kolom yang mengapit lengkungan dengan gaya berbeda. Untuk mencapai hal tersebut, model dibangun dengan menggunakan efek vertical exaggeration.

"Karena itu penampang jauh lebih curam daripada pada struktur sebenarnya. Mudah-mudahan, orang akan terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang aslinya melalui pengalaman membangun model LEGO," jelas Zgalin.

Terlepas dari beberapa kebebasan kreatif, sebagian besar detail dalam struktur telah dibuat agar tetap sesuai dengan Colosseum. Hal ini juga termasuk tiga warna batu bata untuk meniru kolom yang berbeda dan penuaan dari tengara berusia hampir 2.000 tahun itu.

Lego Colosseum akan diluncurkan pada Black Friday, 27 November mendatang seharga 550 dolar AS atau sekitar Rp 8 juta. Lego ini akan tersedia di Lego.com dan di toko-toko Lego.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement