Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Juarai GP Turki, Hamilton Samai Rekor Juara Dunia Schumi

Ahad 15 Nov 2020 19:57 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mengangkat trofi juara GP Turki setelah berhasil finis terdepa, Ahad (15/11). Atas kemenangan di GP Turki, Hamilton meraih gelar juara duni F1 musim 2020.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton mengangkat trofi juara GP Turki setelah berhasil finis terdepa, Ahad (15/11). Atas kemenangan di GP Turki, Hamilton meraih gelar juara duni F1 musim 2020.

Foto: EPA/Tolga Bozoglu
Hamilton saat ini mengoleksi tujuh gelar juara dunia F1, sama seperti Schumacher.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton akhirnya berhasil mensejajarkan diri dengan legenda F1, Michael Schumacher, sebagai pembalap dengan gelar terbanyak sebanyak tujuh gelar juara dunia. Kepastian Hamilton menyamai rekor Schumacher setelah di Grand Prix Turki, Ahad (15/11) petang, ia berhasil finis terdepan.

Hamilton memulai balapan dari urutan keenam di grid menyusul hasil kualifikasi terburuk Mercedes dalam tujuh tahun terakhir. Namun, start brilian membuat Hamilton naik ke posisi ketiga dengan menyalip pembalap Renault, Daniel Ricciardo di tingkungan pertama.

Namun, setelah sempat melebar di tikungan 10, Hamilton kembali ke posisi keenam. Hamilton naik ke posisi kelima ketika Max Verstappen dari Red Bull berputar di tikungan 10 saat mencoba melewati Sergio Perez dari Racing Point di lap 19, sebelum melompat ke posisi ketiga ketika Sebastian Vettel melakukan pitstop kedua untuk Ferrari dan Alex Albon memutar Red Bull di tikungan empat.

Pitstop kedua untuk pole sitter, Lance Stroll membuat Hamilton kemudian posisi kedua, sebelum ia melewati Perez dengan bantuan DRS pada lap 37. Setelah menolak timnya masuk pit untuk tetap bertahan dengan set ban intermediate, Hamilton justru dengan nyaman menarik diri dari kelompok mobil di belakangannya, menuju garis finis.

Podium teratas kali ini merupakan yang ke-94 selama kariernya. Hasil ini menegaskan pembalap Inggris, ini selalu dominan di lintasan basah.

Sergio Perez bertahan di tempat kedua untuk naik podium pertamanya musim ini, di depan Sebastian Vettel dari Ferrari, yang menyelesaikan podium yang menandai penampilan podium pertamanya dalam setahun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA