Ahad 15 Nov 2020 19:28 WIB

5 Film Horor yang Gagal Bikin Takut Penonton

Desain dan arahan yang kurang tepat membuat film-film ini dinilai tidak menyeramkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Damien: Omen II.
Foto: 20th Century Fox.
Salah satu adegan dalam film Damien: Omen II.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Beberapa film horor dimulai dengan niat untuk menakuti penontonnya. Sayangnya, ada juga yang gagal mewujudkannya.

Entah itu film yang tampak tidak meyakinkan namun ternyata berhasil menakuti penontonnya seperti The Nun, atau film horor komedi yang tidak terlalu serius dan terkadang penonton pun tidak begitu takut. Berikut ini adalah lima film horor klasik yang sama sekali gagal menakut-nakuti penontonnya, seperti dilansir di laman Screen Rant, Ahad (15/11).

Penyebabnya, bisa karena desainnya atau karena arahan yang tidak tepat. Terlepas dari itu, banyak dari mereka yang pasti patut untuk ditonton, bahkan jika itu justru akan membuat tertawa.

1. Alien Resurrection (1997)

Film alien horor ini berpegang pada premis untuk membuat penonton takut, sembari menyampaikan cerita fiksi ilmiah yang bagus. Film Alien Resurrection membawa film ini ke arah yang jauh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketakutan itu dihancurkan oleh darah kental yang melimpah, gerakan kamera yang aneh, dan skrip buruk yang beberapa kutipannya masih cukup keren.

2. Damien: Omen II (1978)

Film The Omen garapan sutradara Richard Donner memiliki cukup sensasi untuk memanfaatkan kegilaan setan pada 1970-an. Visual dan nadanya yang menakutkan menjadikannya film horor klasik dan salah satu film aktor Gregory Peck terbaik yang pernah dibuat. Sementara itu, film Damien: Omen II banyak berfokus pada Damien yang pertama kali mengetahui bahwa dia adalah anti-Kristus dan konflik antara sifat kekanak-kanakannya yang biasa serta kejahatan yang bersembunyi di dalam dirinya.

3. Warlock (1989)

Julian Sands memerankan seorang penyihir jahat yang dikirim melalui waktu oleh makhluk jahat ke California abad 20, di mana dia ditugaskan untuk menemukan sebuah buku besar kuno yang dapat membatalkan ciptaan itu sendiri. Sejak awal, sudah jelas para pembuat film ingin membuat filmnya seseru dan sekeren mungkin meski ada pengaruh horor. Mungkin adegan paling lucu dari keseluruhan film adalah ketika dia naik pesawat untuk pertama kalinya.

4. The Wicker Man (1973)

Christopher Lee menghasilkan satu film thriller horor, agak menawan, dan sebenarnya tidak terlalu menakutkan. Dengan fokus pada cerita tentang seorang polisi yang melakukan perjalanan ke sebuah pulau untuk menemukan gadis yang hilang. Satu-satunya momen yang benar-benar mengejutkan terjadi di bagian paling akhir ketika plot sebenarnya terungkap.

5. House II: The Second Story (1987)

Steve Miner juga mencoba memadukan horor dan komedi dengan film House, film 1987 ini berkisah tentang Roger Cobb, seorang pria yang memutuskan untuk pindah ke dalam rumah bibinya yang sudah meninggal untuk menyelesaikan novel tentang pengalaman Perang Vietnam-nya. Dia dikepung oleh mimpi buruk yang mengganggu dan kekuatan setan mengerikan yang berasal dari portal yang terdapat di lemari obat kamar mandi.

Film kedua jauh lebih campy dan kocak dibandingkan pendahulunya, yang lebih berfokus pada horor sambil membuat penonton tertawa berkali-kali. House II lebih mirip  film petualangan Indiana Jones dibandingkan dengan horor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement