Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Sekolah Semesta Semarang Gelar EduFair 2020 Secara Virtual

Ahad 15 Nov 2020 16:29 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang

Foto: http://www.semestaschool.sch.id
33 universitas baik dalam maupun luar negeri berpartisipasi dalam kegiatan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Meskipun di tengah masa pandemi, Sekolah Semesta Semarang melalui Career Planning Departement kembali menggelar Semesta Education Fair (Edufair) secara virtual dengan tema "Transforming The Future In New Normal". EduFair tersebut bertujuan untuk menjembatani kebutuhan informasi dan bimbingan yang dibutuhkan para siswa dalam merencanakan kelanjutan pendidikan mereka ke jenjang universitas serta lebih mengoptimalkan peran aktif perguruan tinggi dalam menemukan calon mahasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan Wilayah Zona 1 Budi Santoso mengungkapkan rasa terima kasih kepada Career Planning Departement Sekolah Semesta yang telah mengadakan acara EduFair 2020. Ia berharap dengan adanya EduFair ini para siswa dapat bersiap dan belajar apa saja yang harus dipersiapkan untuk pendaftaran universitas dan mengetahui gambaran bagaimana belajar efektif di universitas sehingga setelah lulus bisa berkontribusi untuk perkembangan Indonesia.

Kepala Sekolah SMA Semesta, Didin Sopandi mengatakan ada sekitar 470 partisipan, dan sebanyak 33 universitas bergabung (8 universitas dalam negeri, 9 universitas swasta, 8 universitas luar negeri, dan 8 kedinasan/education consultan) 

Pembukaan EduFair dilaksanakan pada Sabtu (14/11). "Acara pembukaan ini dihadiri oleh seluruh partisipan dan kemudian dilanjutkan dengan presentasi setiap universitas dan partisipan berkesempatan untuk bertanya secara langsung dengan perwakilan setiap universitas," kata Didin dalam siaran persnya, Ahad (15/11).

Universitas negeri yang berpartisipasi dalam Edufair ini adalah UGM, UI, Undip, Unair, UB, ITS, dan Unpad. Sedangkan universitas swasta yang berpartisipasi di antaranya Sampoerna University, Swiss German University, Telkom University, President University, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Unisulla Semarang, Ciputra University, dan Esa Unggul University. 

Universitas luar negeri juga turut berpartisipasi dalam EduFair ini yaitu Tokyo International University, Asia Pasific University, Sunway University Malaysia, Singapore Institute of Management, Manchester Exester UK, Queensland University of Technology, dan Taylor University of Malaysia.

EduFair tahun ini Sekolah Semesta memfasilitasi para siswa yang berniat untuk masuk sekolah kedinasan dengan menghadirkan Sekolah kedinasan antara lain Akmil, Akpol, IPDN, STIS. Penyelenggara bimbel juga ikut meramaikan Edufair, di antaranya Ocean, Alfalink, ICAN dan STMKG.

Dengan diadakannya EduFair ini diharapkan para siswa melakukan konsultasi secara langsung dengan petugas atau perwakilan dari perguruan tinggi atau universitas yang diinginkan terkait dengan jurusan yang diinginkan serta jalur, prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan serta memperoleh motivasi untuk masuk ke Universitas impiannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA