Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Manfaat Konsumsi Bawang Putih Setiap Pagi

Ahad 15 Nov 2020 14:35 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Mengonsumsi bawang putih setiap pagi bermanfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi bawang putih setiap pagi bermanfaat bagi tubuh.

Foto: Flickr
Bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan melawan radikal bebas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bawang putih menjadi salah satu bumbu wajib untuk berbagai masakan Indonesia. Bawang putih berkhasiat memerangi masalah kesehatan seperti pilek, batuk, tekanan darah tinggi, radang sendi, sakit gigi, sembelit dan infeksi.

Salah satu cara paling umum mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsinya saat perut kosong pada pagi hari. Cara konsumsinya pun sederhana, tinggal ambil dua siung bawang putih, kupas kulitnya, tumbuk lalu makan.

Jangan mengonsumsi lebih dari dua siung bawang putih saat perut kosong dan jika Anda merasa ingin muntah, mual, dan sembelit maka hindari makan bawang putih pada pagi hari. Wanita hamil, anak-anak, orang yang menderita kelainan pendarahan, diabetes, tekanan darah rendah, dan wanita menyusui sebaiknya tidak mencoba pengobatan rumahan ini.

Mengonsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan bau mulut dan sensasi terbakar. Kendati begitu ada segudang manfaat yang bisa didapat oleh tubuh, berikut rinciannya seperti dilansir di Times of India, Ahad (15/11).

1. Meningkatkan imunitas
Mengonsumsi empat hingga lima siung bawang putih pada pagi hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan melawan radikal bebas dan patogen asing penyebab penyakit. Bawang putih yang dihancurkan memiliki allicin, bahan aktif utama dalam bawang putih yang meningkatkan sistem imun internal Anda.

2. Baik untuk kesehatan usus
Kandungan yang ada dalam bawang putih bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Usus yang sehat mempercepat proses penurunan berat badan dan mencegah masalah terkait perut seperti diare dan sembelit.

3. Mendetoksifikasi tubuh
Mengonsumsi bawang putih mentah jauh lebih baik dibandingkan jus detoks. Senyawa sulfhydryl pada bawang putih dapat mengeluarkan zat beracun dari tubuh dan mencegah penyakit seperti tipes, diabetes, depresi, dan beberapa jenis kanker.

4. Menyehatkan kulit
Cara efektif untuk mencegah penyakit terkait kulit adalah mengonsumsi bawang putih di pagi hari dengan perut kosong. Makan bawang putih setiap hari pada pagi hari untuk kulit bersih dan kenyal.

5. Kendalikan hipertensi
Bawang putih mentah juga dapat membantu melawan gejala hipertensi. Adanya senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, pada sayuran berumbi ini dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA