Ahad 15 Nov 2020 14:13 WIB

Tips Merawat Rambut Pria Usia di Atas 40 Tahun

Jika timbul masalah, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengganti sampo.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara merawat rambut pria usia di atas usia 40.
Foto: www.freepik.com
Cara merawat rambut pria usia di atas usia 40.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan rambut sangat penting bagi setiap pria, apalagi bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Selain mulai tumbuhnya uban, rambut juga lebih mudah rontok sehingga perlu perawatan ekstra.

Melansir dari laman Mens Health pada Ahad (15/11), berikut beberapa tip perawatan rambut untuk pria berusia lebih dari 40 tahun.

1. Ganti sampo Anda

Begitu Anda mulai melihat perubahan pada rambut, terutama jika kulit kepala kering atau mengelupas, salah satu hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengganti sampo Anda. Pilih sampo yang bisa menekan masalah rambut Anda.

Sampo yang mengandung ketoconazole yang dapat tersedia dengan resep atau tanpa resep bisa menjadi pilihan. Pergantian sampo memang tidak akan berdampak langsung pada kerontokan rambut, tetapi memastikan kulit kepala Anda dalam kondisi terbaik dapat menjadi bagian penting dari perawatan rambut rontok.

2. Pakai kondisioner

Kelembaban sangat penting untuk menjaga semua jenis rambut tetap terlihat terbaik. Menggunakan kondisioner setelah Anda keramas dapat membantu mengisi kembali minyak yang hilang dan menjaga kesehatan rambut.

3. Rawat kulit kepala Anda

Menggunakan pembersih kulit kepala atau scalp care dapat membantu menghilangkan penumpukan ketombe atau sel-sel mati sisa produk penataan rambut. Scalp care berkontribusi pada pengelupasan atau kulit kepala kering

4. Rutin perawatan rambut

Ketika rambut mulai menipis secara alami seiring bertambahnya usia, itu pertanda siklus pertumbuhan rambut telah melambat. Untuk mengatasi hal ini, Anda dianjurkan menggunakan perawatan rambut secara teratur.

5. Pakai minyak rambut

Jika rambut Anda cepat kering, dianjurkan menggunakan masker rambut atau minyak rambut. Pilih masker atau oil rambut yang sesuai dengan masalah rambut Anda sehingga rambut dan kulit kepala bisa kembali sehat.

6. Cegah rambut rontok

Pada usia 40 tahun ke atas, kerontokan rambut bisa terjadi secara drastis. Karenanya, Anda harus memulai perawatan yang telah dicoba dan benar, seperti minoksidil dan finasterida, yang telah terbukti membantu mengurangi kerontokan rambut. Dokter kulit secara teratur meresepkan kedua obat tersebut, baik yang dijual bebas.

7. Gunakan produk penata rambut terbaik

Saat rambut Anda menipis atau mengering, produk penataan rambut yang Anda gunakan mungkin tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu saatnya untuk mencari produk dengan bobot lebih ringan yang tidak akan membebani rambut Anda dengan wax.

8. Perlakukan rambut beruban secara berbeda

Umumnya, kebanyakan pria mulai tumbuh uban sekitar usia 30-an. Uban terjadi karena kerusakan mineral dalam tubuh. Untuk perawatannya akan bergantung pada seberapa banyak uban yang Anda miliki. Anda mungkin bisa menggunakan produk penata rambut khusus uban, atau tidak ada salahnya menyamarkan warna uban dengan mewarnainya.

9. Suplemen rambut

Perubahan normal pada kualitas rambut adalah bagian dari proses penuaan dan terjadi karena perubahan di dalam tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, perubahan drastis pada rambut, seperti cepat rontok atau menipis, bisa menjadi tanda masalah yang lebih besar. Selain dianjurkan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan antiinflamasi, Anda juga harusmengonsumsi suplemen rambut.

10. Kunjungi dermatologist

Jika masalah rambut Anda masih belum teratasi dengan semua tip di atas, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi seorang dermatologist agar perawatan rambut yang dipakai bisa disesuaikan dengan kondisi medis rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement