Ahad 15 Nov 2020 06:47 WIB

Verstappen Kecewa Gagal Raih Pole Position GP F1 Turki

Verstappen berjaya di sesi latihan bebas tapi dikalahkan Lance Stroll di kualifikasi.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.
Foto: AP/Armando Franca
Pembalap Red Bull, Max Verstappen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Red Bull Max Verstappen dibuat frustrasi dan kecewa setelah kehilangan pole position pada sesi kualifikasi Grand Prix (GP) Formula Satu (F1) Turki dengan guyuran hujan pada Sabtu (14/11). Pembalap berusia 23 tahun itu memimpin ketiga sesi latihan bebas dan kualifikasi sebelum Lance Stroll dari tim Racing Point memasang ban intermediate dan mengalahkan driver Belanda untuk posisi start terdepan.

"Kami seharusnya melakukan yang lebih baik dalam pergantian ban. Kami tentunya melewatkan sesuatu di sini," kata Verstappen seperti dikutip Reuters.

Baca Juga

"Ketika kalian selalu menjadi yang pertama, dan keluar sebagai yang kedua, itu bukan hal yang kalian inginkan."

Verstappen mengatakan mobil Red Bull-nya kesulitan menggunakan ban intermediate di bagian akhir babak kualifikasi, dan tidak bisa membuatnya bekerja setelah terlalu nyaman dengan ban basah yang dipakai sebelumnya.

"Aku kesal karena sepanjang akhir pekan ini aku merasa nyaman dan sekarang aku merasa kacau," kata pembalap yang telah memenangi sembilan Grand Prix, tapi baru dua kali start dari pole position itu.

Ia menegaskan, jelas ada yang tidak bekerja dengan ban itu. Menurut dia, sangat mengecewakan ketika finis pertama di setiap sesi tapi gagal meraih start terdepan. 

"Ini tidak aku sukai, tapi aku tidak bisa setiap saat positif, kemudian mengatakan, kalian masih di posisi kedua, tapi aku selalu ingin yang terbaik, aku selalu mencoba lebih baik," kata dia.

Verstappen menguasai ketiga sesi latihan bebas di trek Istanbul Park dengan aspal baru yang terbukti licin dan memiliki daya cengkeram rendah pada Jumat dan Sabtu. Namun, Verstappen pesimistis tentang peluang menyalip di balapan nanti. 

"Aku rasa sangat sulit menyalip di sini karena hanya ada satu lintasan, jadi kalian tidak bisa keluar lintasan itu karena kalian akan kehilangan banyak daya cengkeram. Jadi kita akan lihat bagaimana kami mengatasinya."

Lewis Hamilton, yang bisa mengunci titel juara dunia ketujuhnya untuk menyamai rekor Michael Schumacher pada Minggu, kewalahan di kualifikasi dan akan start dari P6.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement