Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Prancis Kudeta Portugal dari Puncak Klasemen Grup 

Ahad 15 Nov 2020 05:18 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita

Pemain Prancis N`Golo Kante (Kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol melawan Portugal dalam pertandingan sepak bola grup 3 UEFA Nations League di Stadion Luz, di Lisbon, Portugal, Ahad (15/11) dini hari WIB.

Pemain Prancis N`Golo Kante (Kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol melawan Portugal dalam pertandingan sepak bola grup 3 UEFA Nations League di Stadion Luz, di Lisbon, Portugal, Ahad (15/11) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/MANUEL DE ALMEIDA
Portugal kehilangan poin setelah kalah 0-1 dari Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Portugal kehilangan poin saat menjamu Prancis pada matchday ke-5 Grup A3 UEFA Nations League di Estadio Da Luz, Ahad (15/11) dini hari WIB. Tim tuan rumah kalah tipis 0-1 tapi harus kehilangan tempat di puncak klasemen grup. 

Portugal yang bertindak sebagai tim tuan rumah menunjukkan kekuatannya dengan memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Prancis. Ronaldo hampir mencetak gol cepat di menit ke-5 saat menerima umpan terobosan di depan kotak 16. Tapi, ia berhasil dijatuhkan oleh Lloris dengan bersih. 

Baca Juga

Gagal pada percobaan tersebut, bintang Juventus itu melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-8. Namun, belum juga berhasil. 

Di kubu lawan, Coman memberikan ancaman ke gawang Portugal di menit ke-11. Setelah memberikan penetrasi di sisk kanan, ia melepaskan tembakan kuat dari sudut sempit. Namun, masih bisa ditepis oleh Patricio. 

Kiper Wolves itu kembali melakukan penyelamatan penting semenit kemudian saat kombinasi serangan dari Martial dan Griezmann menembus pertahanan. Ia dengan sigap melakukan tackle yang bersih untuk membuang bola. 

Masih dari kubu tamu,  tandukan Rabiot yang saat menerima umpan tendangan pojok dari Griezmann, masih meleset di atas mistar gawang. Serangan itu berawal dari penetrasi Coman ke kotak penalti yang berakhir dengan tendangan pojok. 

Di menit ke-20, Portugal memberikan tekanan setalah menerima speak pojok, di mana bola jatuh di kaki Fernandes dan langsung disambar oleh tendangan jarak jauh. Sayang tembakannya mengarah tepat ke Lloris dan dengan mudah diamankan. 

Hingga menit ke-33, Prancis memimpin dengan lima tembakan ke gawang, unggul satu dari Portugal. Namun, semua tembakan Portugal dilakukan dari jarak jauh sementara Prancis dari dalam kotak penalti. 

Portugal kehilangan peluang emas di depan gawang saat Ronaldo melakukan umpan silang kepada Kimpembe yang melempar dirinya ke udara untuk menggapai bola, namun masih meleset dari gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang. 

Prancis hampir memecah kebuntuan saat Martial menyambut umpan terobosan di depan gawang yang hanya menyisakan kiper. Tapi tendangan slidingnya masih bisa ditepis oleh Patricio meski harus berakhir dengan benturan antara keduanya. 

photo
Antoine Griezman (2 dari kanan) ketika memperkuat Prancis pada laga melawan Portugal dalam pertandingan sepak bola grup 3 UEFA Nations League di Stadion Luz, di Lisbon, Portugal, Ahad (15/11) dini hari WIB. - (EPA-EFE/MANUEL DE ALMEIDA)
Di babak kedua, Ronaldo kembali menjadi yang pertama memberikan ancaman. Kali ini dengan situasi bola mati yang diarahkan langsung ke sudut bawah gawang. Namun, pantulan bola hanya melebar ke sisi gawang. 

Prancis justru menjadi tim yang berhasil memecah kebuntuan di menit ke-53, setelah Kante memanfaatkan bola rebound yang mengarah kepadanya. 

Portugal hampir menyamakan kedudukan di menit ke-60 saat tendangan jarak jauh Guerreiro diblokir oleh Lloris dan memantul ke arah Fonte. Namun, tandukan Fonte saat menyambut bola muntah itu hanya membentur tiang. 

Di menit ke-75, Ronaldo kembali memberikan amcaman saat ia menerobos masuk ke kotak penalti dari sisi kanan, memperdaya Kante sebelum mengoper ke Moutinho di luar kotak. Ia lantas melepaskan tembakan langsung ke gawang namun bisa Lloris menepisnya. 

Di menit ke-88, Portugal gagal mendapatkan penalti berdasarkan keputusan wasit. Hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit, skor tetap bertahan 1-0 untuk Prancis.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA