Ahad 15 Nov 2020 05:45 WIB

10 Selebriti Hollywood yang Berhasil Lawan Kanker

Para selebriti ini tidak segan membagikan kisah perjuangannya melawan kanker.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi kanker
Foto: Pikrepo
Ilustrasi kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bertahun-tahun, ada banyak selebriti hollywood yang berjuang melawan kanker. Banyak dari mereka mempublikasikan perjuangannya lawan kanker.

Dari nama-nama besar, seperti Sharon Osbourne, Sofia Vergara, Fran Drescher, dan Larry King, para selebriti ini berjuang mengalahkan kanker. Beberapa dari selebriti ini bahkan mengidap kanker selama beberapa kali. Mereka tak segan membagikan ceritanya ketika berjuang melawan penyakit ganas itu.

Baca Juga

Berikut cerita 10 selebriti hollywood yang berjuang hingga bebas dari kanker, melansir laman thethings, Sabtu (14/11).

 

Sharon Osbourne (Kanker Usus Besar)

Sharon Osbourne pada 2002 silam harus menghadapi pertempuran dalam hidupnya ketika dia pertama kali didiagnosis menderita kanker usus besar. Dia menghindari pergi ke dokter selama beberapa tahun sebelum Ozzy, sang suami, mendorongnya untuk pergi, dan saat itulah kanker ditemukan.

Dia harus menjalani operasi pengangkatan salah satu bagian dari usus besarnya. Dia juga harus menjalani beberapa bulan kemoterapi.

Sejak itu dia bebas dari kanker, dan menjadi juru bicara American Cancer Society untuk mempromosikan kesadaran kanker usus besar. Dia juga menciptakan Program Kanker Usus Besar Sharon Osbourne yang memberikan bantuan kepada pasien kanker usus besar.

Sofia Vergara (Kanker Tiroid)

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa Sophia Vergara adalah seorang penyintas kanker. Ketika dia berusia 28 tahun, dia melakukan pemeriksaan rutin dengan dokternya, dimana dia menemukan benjolan di lehernya.

Setelah menjalani sejumlah tes, Sophia didiagnosis menderita kanker tiroid. Dia menjalani operasi untuk mengangkat tiroidnya.

Rod Stewart (Kanker Tiroid dan Prostat)

Rod Stewart mengalahkan kanker tidak hanya sekali, tetapi dua kali. Rod Stewart pertama kali didiagnosis kanker tiroid. Untungnya dia tidak harus menjalani kemoterapi apa pun karena tumornya telah diangkat tanpa masalah lain.

Rod tidak sepenuhnya keluar dari masalah kanker. Pada 2017, dia kembali didiagnosis untuk kedua kalinya, yakni kanker prostat. Beruntung ia mengetahuinya lebih awal dan sekarang bebas kanker untuk kedua kalinya.

photo
Rod Stewart - (EPA/BRITTA PEDERSEN)

Lance Armstrong (Kanker Testis)

Pada 1996, Lance Armstrong menerima berita yang paling menghancurkan hidupnya. Dia didiagnosis menderita kanker testis stadium 3 dan didiagnosis kesempatan hidupnya hanya sebesar 30 persen.

Dia menantang rintangan dan tidak hanya mengalahkan kankernya, tetapi juga menjadi ayah dari anak-anak. Biasanya, pria yang mengidap kanker testis tidak dapat memiliki anak.

Namun, Lance membuktikan bahwa kanker tak menghalanginya hingga bisa memiliki lima anak kandung. Dia melanjutkan untuk meningkatkan kesadaran kanker dengan mendirikan Livestrong Foundation pada 1997.

Christina Applegate (Kanker Payudara)

Aktris Christina Applegate didiagnosis menderita kanker payudara pada 2008. Ia sangat terbuka kepada publik tentang perjuangannya melawan penyakit tersebut. Kanker menyebar di keluarganya karena ibunya juga didiagnosis menderita kanker payudara ketika dia masih kecil.

Setelah didiagnosis lebih awal, Christina memutuskan dia akan menjalani mastektomi ganda untuk mengangkat kedua payudaranya. Dia juga menemukan bahwa dia adalah pembawa mutasi genetik yang meningkatkan risikonya untuk terkena kanker ovarium.

Akibatnya, setelah melahirkan putrinya pada 2011, Christina memutuskan untuk menjalani histerektomi hanya untuk berhati-hati. Sejak itu, dia bebas dari kanker.

Fran Drescher (Kanker Rahim)

Fran Drescher paling dikenal karena peran ikoniknya di sitkom hit The Nanny. Apa yang banyak orang mungkin tidak sadari adalah dia mengatasi kanker yang sangat menakutkan. Butuh beberapa saat baginya untuk didiagnosis dengan benar karena butuh beberapa dokter untuk mendiagnosis kanker rahim yang dideritanya.

Dia tidak merasakan gejala kanker rahim. Itulah sebabnya butuh waktu lama untuk mendapat diagnosis tersebut. Ia bersyukur karena kanker yang dideritanya masih dalam tahap satu sehingga bisa diobati dengan cepat. Sejak mengalahkan kanker, Fran mendirikan Cancer Schmancer Foundation yang membantu wanita menjadi lebih sadar akan tanda-tanda awal kanker rahim.

Kathy Bates (Kanker Ovarium dan Payudara)

Aktris Kathy Bates menghadapi pertarungan terberat dalam hidupnya pada 2003 ketika didiagnosis menderita kanker ovarium. Dokter menemukan massa kanker itu dengan agak cepat sebelum menyebar ke usus besarnya. Dia menjalani beberapa kali kemoterapi yang intens dan mampu menghentikan penyebaran kanker, serta membuatnya sembuh.

Namun, Kathy belum keluar dari kanker. Dia kemudian didiagnosis menderita kanker payudara beberapa tahun kemudian. Setelah beberapa tes, ditemukan ada benjolan di payudara kirinya.

Kathy memiliki waktu yang lebih sulit untuk melawan kanker payudara. Namun, dia berhasil melewatinya dan sekarang bebas dari kanker.photo

Hugh Jackman - (CNN)

Larry King (Kanker Paru-paru)

Larry King baru saja menjalani pemeriksaan tahunan ketika rontgen dadanya menunjukkan hasil yang tidak normal. Dokter telah menemukan bahwa dia menderita kanker paru-paru stadium 1 dan sudah mulai menyebar ke bagian lain dari tubuhnya.

Untungnya, dokter mengetahuinya lebih awal sehingga kanker Larry King dapat disembuhkan. Dia menjalani operasi untuk mengangkat kankernya, dan itu berhasil membebaskannya dari penyakit tersebut.

Robin Roberts (Kanker Payudara)

Kembali pada 2007, pembawa acara Good Morning America, Robin Roberts, menerima diagnosis yang menakutkan. Dia menderita kanker payudara.

Robin sangat terbuka kepada publik tentang perjuangan panjangnya melawan kanker. Selain itu, dia juga didiagnosis dengan kelainan darah langka beberapa tahun kemudian. Syukurlah dengan banyak perawatan, bantuan, dan dukungan dari banyak orang, dia sekarang bebas dari kanker.

Hugh Jackman (Kanker Kulit)

Aktor Hugh Jackman telah beberapa kali berurusan dengan kanker. Dia didiagnosis dengan karsinoma sel basal yang merupakan bentuk kanker kulit yang sangat umum. Untungnya, jenis kanker ini tidak benar-benar menyebar dan sangat bisa disembuhkan.

Sayangnya, ia memiliki kemungkinan untuk memiliki kanker lagi, dan biasanya di tempat yang sama. Ia memeriksakan kulitnya, dan baru-baru ini mendapatkan hasil semuanya bersih, serta tidak ada kanker yang hadir.

Dia menjalani beberapa operasi kulit di hidungnya untuk mengangkat sel kanker. Dia mendorong penggemarnya untuk memakai tabir surya dan memeriksakan kulitnya terkait penyakitnya ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement