Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Pasien 71 Tahun Turki Sembuh dari Lumpuh Otak dan Covid-19

Sabtu 14 Nov 2020 14:35 WIB

Red: Nora Azizah

Pasien berusia 71 tahun yang menderita lumpuh otak saat dirawat karena virus Covid-19 dilaporkan sembuh (Foto: ilustrasi)

Pasien berusia 71 tahun yang menderita lumpuh otak saat dirawat karena virus Covid-19 dilaporkan sembuh (Foto: ilustrasi)

Foto: AP/Daniel Cole
Pasien berusia 71 tahun tersebut sembuh dengan pengobatan endovaskular.

REPUBLIKA.CO.ID, KUTAHYA -- Pasien berusia 71 tahun yang menderita lumpuh otak saat dirawat karena virus Covid-19 dilaporkan sembuh. Ia berhasil mengalahkan kondisinya berkat intervensi medis.

Ibrahm Karabiber yang berasal dari Provinsi Kutahya, Turki, didiagnosa COVID-19. Ia kemudian berada di ICU ketika mulai merasakan lemas di bagian kirinya yang disebabkan oleh penyumbatan arteri karotis. Kondisi itu diketahui setelah Karabiber dibawa ke ruang gawat darurat.

Dokter Mehmet Korkmaz dan Mustafa Cetiner menyebutkan bahwa Karabiber berisiko lumpuh. Namun, ia berhasil mengalahkan tantangan tersebut berkat pengobatan endovaskular dan tombektomi mekanik.

"COVID-19 meningkatkan risiko kelumpuhan hingga lima sampai enam persen, kami harus merawat pasien seperti itu dalam waktu yang sangat singkat, dan mereka musti diberitahu bahwa waktu sangatlah penting, semakin cepat kami datang, maka semakin tinggi pula peluang mereka untuk sembuh," kata Korkmaz, melansir anadolu, Sabtu (14/11).

Pascapengobatan, Karabiber sembuh dari kelumpuhan sekaligus dinyatakan negatif COVID-19. Sudah dapat berjalan dan kondisinya tetap stabil, Karabiber pun diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

sumber : Anadolu/Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA