Sabtu 14 Nov 2020 12:56 WIB

Jelang Natal, Warga Kanada Diminta Tekan Penyebaran Covid-19

Di Kanada, kasus baru rata-rata 4.300 per hari selama sepekan terakhir.

Jelang Natal, Warga Kanada Diminta Tekan Penyebaran Covid-19. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Foto: Justin Tang / The Canadian Press via AP
Jelang Natal, Warga Kanada Diminta Tekan Penyebaran Covid-19. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Warga Kanada punya waktu untuk mengurangi gelombang kedua Covid-19 yang melonjak menjelang Natal jika mereka bertindak sekarang. Perdana Menteri Justin Trudeau mendesak para pemimpin provinsi memberlakukan lebih banyak pembatasan kesehatan untuk kedua kalinya pekan ini.

"Apa yang kami lakukan dalam beberapa hari dan pekan mendatang akan menentukan apa yang kami lakukan saat Natal," kata Trudeau pada konferensi pers, Jumat (13/11).

Baca Juga

Di Kanada, kasus baru rata-rata 4.300 per hari selama sepekan terakhir, dan kematian rata-rata 55 per hari. Jika virus terus menyebar dengan kecepatan seperti ini, Kanada akan mencatat lebih dari 10 ribu kasus baru per hari pada awal Desember, kata Kepala Petugas Medis Theresa Tam.

Rumah sakit di beberapa bagian negara sudah penuh. "Kasus Covid-19 terjadi di banyak tempat berbeda, dan sekarang adalah waktu untuk mengendalikannya," kata Tam. Selain provinsi Atlantik, di mana perbatasan ditutup untuk pengunjung dari tempat lain di Kanada dan luar negeri, kasus meningkat di seluruh negeri.

"Provinsi perlu membuat keputusan yang tepat terkait memasukkan aturan yang akan membatasi kontak dekat, membatasi penyebaran Covid-19," kata Trudeau.

Saskatchewan pada Jumat membatasi penjualan alkohol setelah pukul 22.00. Selain itu, kewajiban menggunakan masker yang diperluas untuk mencakup ruang publik dalam ruangan di semua komunitas dengan lebih dari 5.000 penduduk.

Provinsi itu juga mengatakan sekolah menengah yang lebih besar harus mempertimbangkan untuk mengurangi pembelajaran di kelas. Setelah Manitoba mengumumkan penutupan besar-besaran pada Selasa, pemerintah federal mengatakan pada hari Jumat akan mendanai dukungan Palang Merah untuk rumah perawatan jangka panjang di Winnipeg hingga 15 Januari, dan itu memperpanjang pendanaan untuk panti jompo yang terkena dampak paling parah di Quebec.

Secara terpisah pada Jumat, Trudeau mengatakan pemerintah akan menginvestasikan tambahan 1,14 miliar dolar AS atau Rp 16,1 triliun untuk meningkatkan program pelatihan kerja di seluruh negeri, terutama untuk sektor-sektor yang paling terpukul oleh pandemi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement