Jumat 13 Nov 2020 22:41 WIB

Nicholas Saputra: Tak Lagi Berseragam, Belajar tak Berhenti

Jadi Duta Belajar Ruangguru, Nicholas Saputra, berbagi pengalaman belajarnya.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor sekaligus aktivis Nicholas Saputra memandang pentingnya pendidikan bagi hidup setiap orang. Melalui Instagram-nya, dia menyebut meski tak berseragam lagi, dia meyakini proses pembelajaran adalah abadi. Dalam konferensi pers bersama Ruangguru pada Kamis (12/11), Nicholas pun menjelaskan apa maksud pernyataannya itu.

“Bagi saya, pendidikan itu tidak hanya terbatas pada ruang-ruang formal seperti sekolah atau institusi formal. Saya rasa, pendidikan itu dilakukan seumur hidup,” ungkap Nicholas, Kamis (12/11).

Baca Juga

Sebab, menurut Nicholas, setiap waktu atau saat, setiap orang pasti akan menemukan tantangan baru dalam hidup. Tak hanya itu, setiap manusia juga akan menemukan situasi-situasi yang membutuhkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan banyak masalah.

Oleh karenanya, belajar pun tak hanya dilakukan hanya di sekolah. Belajar, menurut Nicholas, juga dilakukan di kehidupan sehari-hari.

“Kita bisa belajar dari pengalaman, belajar dari orang yang punya keterampilan, orang yang punya pengalaman lebih dalam, belajar dari semua situasi, belajar refleksi, belajar mengoreksi diri sendiri, dan lain-lain,” kata Nico.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Nicholas Saputra (@nicholassaputra)

Alumnus SMA Negeri 8 Jakarta itu pun mengungkapkan, belajar tak hanya berhenti hanya pada ruang-ruang formal seperti sekolah, melainkan juga di sepanjang hidup. Nicholas membenarkan jika selama ini dia juga belajar dari alam dan juga belajar dari pengalaman-pengalamannya melintasi berbagai tempat-tempat di dunia.

“Karena bagi saya, penting sekali, terutama dari alam, saya banyak belajar tentang hal, tentang bagaimana memahami berbagai macam ilmu, yang sumbernya dari alam,” kata dia.

Dengan bersentuhan langsung dengan alam, dan berdekatan dengan alam, Nicholas merasa akan lebih banyak lagi mendapatkan pengalaman yang sesungguhnya, tepatnya, mengenai bagaimana alam itu bekerja. Dia juga mengaku mendapatkan banyak pelajaran saat bertemu banyak orang ketika melakukan perjalanan.

“Saya merasa beruntung bisa pergi ke berbagai tempat, sehingga bisa bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi,” jelas Nico.

Nicholas Saputra diumumkan menjadi Duta Belajar Ruangguru pada Kamis (12/11). Terpilihnya aktor Ada Apa Dengan Cinta ini diharapkan dapat mendukung upaya Ruangguru dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan berkualitas di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement