Sabtu 14 Nov 2020 00:27 WIB

Bergejala Covid? Masyarakat Disarankan Segera Periksa Diri

Masyarakat diminta tak takut untuk memeriksakan diri jika merasa bergejala Covid.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
7 kelompok gejala covid-19.
Foto: republika
7 kelompok gejala covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Instalasi IGD, dr Gia Pratama Putra mengingatkan masyarakat agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala-gejala Covid-19. Ia meminta masyarakat agar tak takut untuk memeriksakan diri sebelum kondisi kesehatan semakin parah.

"Saya ingin masyarakat datang sebelum kondisinya parah. Di awal pandemi kan parno, batuk dikit kepikiran akhirat. Saat ini yang datang justru yang sudah berat, untuk recovery lebih berat," ujar Gia saat berbincang dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro dalam acara 'Antara Pengobatan atau Pencegahan: Pilih Mana?', Jumat (13/11).

Baca Juga

Ia menduga, masyarakat enggan memeriksakan diri saat mengalami gejala Covid karena takut akan diagnosa serta takut akan dijauhi oleh masyarakat lainnya. Dari pemeriksaan yang dia lakukan, dari 100 pasien yang datang hanya lima persen dalam kondisi sangat berat hingga membutuhkan ICU.

"Namun 50 persen gejala sedang-berat. 50 persen awal, ringan-sedang. Jadi jangan sampai ke yang berat," tambah dia.

Gia mengatakan, jika pasien merasakan gejala batuk dan meriang, maka diharapkan dapat segera memeriksakan diri. Konsultasi dengan dokter pun kini juga dapat dilakukan menggunakan fasilitas teknologi secara daring.

photo
7 kelompok gejala covid-19. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement