Sabtu 14 Nov 2020 03:50 WIB

Berlian Pink Dihargai Rp376 Miliar

Berlian ungu-merah muda dijual mencapai Rp376 miliar

Rep: Eva Rianti/ Red: Esthi Maharani
Berlian Pink
Foto: Nextshark
Berlian Pink

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Berlian ungu-merah muda yang sangat langka yang ditambang di Rusia, dijual dengan harga yang fantastis. Barang mewah yang digambarkan rumah lelang Sotheby sebagai ‘keajaiban alam yang sesungguhnya’ itu dihargai 26,6 juta dolar AS atau setara dengan Rp376 miliar.

Sotheby telah memperkirakan, permata oval yang dinamatkan sebagai ‘the spirit of the rose’ itu dapat terjual dengan harga 23 juta - 38 juta dolar AS (setara dengan Rp325 miliar hingga Rp537 miliar) di penjualan Jenewa, Swiss. “Itu dibeli oleh penawar melalui telepon yang memilih untuk tidak disebutkan namanya,” kata pihak Sotheby, dikutip dari Reuters, Jumat (13/11).

Pakar perhiasan Benoit Repellin, yang memimpin penjualan mengatakan, permata itu mencatat rekor untuk berlian bergradasi ungu-merah muda cerah yang terjual dalam pelelangan. Berlian itu diketahui memiliki berat 14,83 karat dan merupakan permata merah muda terbesar dengan gradasi warna tersebut dalam kelompoknya.

Sotheby menyebut, permata tersebut ditambang oleh produsen berlian Rusia Alrosa pada Juli 2017. Penciptaannya dipotong dari kristal merah muda terbesar yang pernah ditemukan di negara itu. Berlian itu ditampilkan di Hong Kong, Singapura, dan Taipei.

Batu berwarna diketahui sangat dihargai sebagai aset oleh kalangan super kaya dalam beberapa tahun terakhir dengan berlian merah muda berkualitas tinggi. “Pembeli yang beruntung bisa mendapat untung dari harga berlian merah muda yang melonjak di tahun-tahun mendatang berkat meningkatnya kelangkaan,” kata Tobias Kormind, Direktur Pengelola 77 Diamonds, perhiasan berlian online terbesar di Eropa, dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement