Jumat 13 Nov 2020 20:42 WIB

Sleman Gelar Pameran Virtual Promosikan IKM

Pameran virtual IKM Sleman digelar dengan konsep 'Virtual Tour Galery'.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nora Azizah
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman membuka Sleman Virtual Expo (Foto: ilustrasi)
Foto: Needpix
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman membuka Sleman Virtual Expo (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman membuka Sleman Virtual Expo. Ini merupakan salah satu wujud dukungan Pemkab Sleman terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) melalui berbagai program promosi dan pemasaran.

Kepala Disperindag Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan, adanya pandemi Covid-19 telah menyebabkan penyelenggaraan hampir 90 persen Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) di Indonesia ditunda. Bahkan, beberapa acara banyak dibatalkan.

Baca Juga

Untuk itu, ia menilai, diperlukan wujud nyata dukungan pemerintah terhadap IKM agar mendorong kebangkitan ekonomi lewat pelaksanaan program-program pemasaran. Salah satunya lewat gelaran pameran secara maya yang diharap jadi solusi tepat.

"Sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk IKM melalui model pameran secara digital yang bisa diakses secara online (daring)," kata Mae, Jumat (13/11).

Ia menuturkan, ini sejalan slogan Borong-Bareng yang merupakan semangat bersama-sama mengembangkan produk UMKM Sleman yang lebih dulu diluncurkan Pemkab Sleman. Karenanya, Sleman Virtual Expo turut menjadi usaha membangkitkan IKM-IKM Sleman.

Mae menekankan, Sleman Virtual Expo menjembatani keterbatasan aktivitas yang melibatkan tatap muka pelaku IKM secara daring lewat platform berbasis web. Dengan demikian situs nyaman diakses lewat ponsel pintar dan perangkat-perangkat lain.

"Mengangkat konsep virtual tour galery, Sleman Virtual Expo menampilkan galeri masing-masing IKM peserta dalam sudut kamera 360 derajat. Detail informasi lima produk unggulan masing-masing IKM peserta tersaji dalam katalog," ujar Mae.

Pengunjung yang ingin menanyakan informasi terkait pameran dilayani oleh Customer Servive (CS) darin di menu chat. Sedangkan, untuk informasi detail produk bisa chat WA ke peserta dengan klik kontak WA di lokasi masing-masing galeri IKM.

Sebanyak 50 IKM peserta dan 250 macam produk ditampilkan dalam kategori. Mulai makanan dan minuman, kerajinan, home deco, batik dan produk turunannya, busana, mebel, mainan dan perlengkapan anak, dan mesin Alat Tepat Guna (ATG).

"Dengan tagar IKM Sleman Ora Leren, Sleman Virtual Expo digelar satu bulan mulai 12 November 2020 dan dapat diakses ke https://slemanexpo.com. Klik start, nikmati virtual tour untuk menjelajahi galeri dan isian produk-produk IKM," kata Mae.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement