Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Nicholas Saputra Kenang Stres Hadapi Ujian di SMA 8

Jumat 13 Nov 2020 19:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.

Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Jadi Duta Ruangguru, Nicholas Saputra berbagi tip mengatasi stres menjelang ujian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra menganggap, sistem pendidikan sekarang jauh berbeda dengan zamannya bersekolah dulu. Aktor Gie itu melihat, kini kelulusan siswa tak dilihat dari ujian pada satu hari saja.

"Dulu, nilai kita itu sangat dinilai dari ujian-ujian. Jadi dulu itu sangat banyak ujian dan itu sangat menegangkan," kata Nicholas saat konferensi pers bersama Ruangguru yang disimak secara virtual, Kamis (12/11).

Banyaknya ujian untuk berbagai mata pelajaran membuat Nicholas stres dan juga jenuh. Alumnus SMA 8 Jakarta ini mengaku sempat tidak tahu cara menghadapi tekanan itu hingga mencoba bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki semangat yang sama untuk mengurangi tekanan ujian.

"Jadi saya ingat betul, ada sekelompok teman ya, kami dekat. Kami ingin sekali bisa masuk perguruan tinggi negeri. Kami berkumpul sebelum ujian untuk bertukar pikiran," jelas Nicholas.

Selama masa persiapan ujian, Nicholas dan teman-temannya berdiskusi dan bersiap dengan saling tukar pertanyaan. Menurutnya, kolaborasi bisa menjadi cara untuk menenangkan diri saat sebelum ujian.

"Itu setidaknya agar kita tahu bahwa kita tidak sendiri," tutur alumnus Universitas Indonesia ini.

Nicholas juga berbagi tip untuk siswa yang sedang jenuh dan stres belajar. Menurutnya, mereka perlu melakukan refreshing di tengah-tengah kesibukan untuk memberikan jeda dan waktu kepada diri sendiri untuk menerima ilmu lebih banyak lagi.

"Kalau memang jenuh, menemukan hambatan, itu tidak apa-apa untuk relaks dan rekreasi," kata Nicholas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA