Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Pengobatan Covid-19 Dipastikan Sudah Tersedia Lengkap 

Jumat 13 Nov 2020 19:12 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita

Covid-19 (ilustrasi). Kepala instalasi IGD di salah satu rumah sakit, dr Gia Pratama Putra, mengatakan pengobatan virus Covid-19 di Indonesia kini sudah tersedia lengkap.

Covid-19 (ilustrasi). Kepala instalasi IGD di salah satu rumah sakit, dr Gia Pratama Putra, mengatakan pengobatan virus Covid-19 di Indonesia kini sudah tersedia lengkap.

Foto: republika
Masyarakat jangan takut periksa ke fasilitas kesehatan jika alami gejala Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala instalasi IGD di salah satu rumah sakit, dr Gia Pratama Putra, mengatakan pengobatan virus Covid-19 di Indonesia kini sudah tersedia lengkap. Obat-obatan itu mulai dari antibiotik maupun obat untuk mengatasi tiap gejala Covid1-9 yang muncul. 

"(Pengobatan) Sudah oke. Antibiotik komplit. Secara jumlah saya nggak khawatir," kata dr Gia saat berbincang dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro dalam acara 'Antara Pengobatan atau Pencegahan: Pilih Mana?', Jumat (13/11).

Karena itu, ia meminta masyarakat agar tak takut memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala-gejala Covid-19. Sebab, pengobatan sudah tersedia dengan lengkap. 

Baca Juga

Dr Gia mengatakan, saat ini tak sedikit masyarakat yang justru datang memeriksakan diri setelah mengalami gejala yang berat. "Saat ini yang datang justru yang sudah berat. Kalau masih fase awal, dahak belum kental parah, pakai obat pengencer dahak juga ga menyumbat ke paru-paru. Kalau sekarang, sudah sesak baru datang," ujar dia. Meskipun mengimbau agar tak takut kepada Covid-19, dr Gia berpesan agar masyarakat tak meremehkan virus ini. Salah satunya dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

"3M dijalankan disiplin, kita bisa memenangkan pertarungan ini," kata dia. 

Dr Gia pun menegaskan, virus Covid-19 ini akan kalah terhadap daya tahan tubuh yang kuat. Karena itu, ia juga mengimbau masyarakat agar meningkatkan imunitas tubuh, di antaranya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, istirahat yang cukup, dan berolahraga. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA