Jumat 13 Nov 2020 18:46 WIB

Peneliti Ungkap Kelemahan Iran

Kelemahan Iran diungkap peneliti.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Peneliti Ungkap Kelemahan Iran. Foto: Macet. Arus lalu-lintas kendaraan di pusat Kota Teheran, Iran kerap mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk. Kemacetan lalu-lintas kendaraan utamanya terjadi mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 waktu setempat.
Foto: Republika/Maman Sudiaman
Peneliti Ungkap Kelemahan Iran. Foto: Macet. Arus lalu-lintas kendaraan di pusat Kota Teheran, Iran kerap mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk. Kemacetan lalu-lintas kendaraan utamanya terjadi mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI--Pusat Kebijakan Emirates menggelar debat tahunan ketujuh yang diisi dengan diskusi panel virtual. Diskusi yang disebut Abraham Accords  ini diikuti oleh pakar strategis, peneliti, dan pembuat kebijakan dari seluruh dunia.  

Acara yang bertajuk 'Timur Tengah antara Rasionalitas Politik dan Delusi' ini digelar Rabu (11/11), dan ditujukan untuk menyelesaikan konflik Arab-Israel dengan pendekatan strategis dan realistis, serta menciptakan momentum perdamaian di seluruh Timur Tengah.

Baca Juga

Khalifa Shaheen Al-Marar, asisten menteri urusan politik UEA di Kementerian Luar Negeri, mengatakan, Abraham Accords mewakili suatu hal yang masif dan proyek yang sedang berlangsung. "Semakin kami mendapatkan hasil yang nyata dari perjanjian tersebut, semakin kami memberikan insentif untuk menemukan solusi damai untuk konflik yang sedang berlangsung," ujarnya yang dikutip di Arab News, Jumat (13/11).

"Untuk membangun kesuksesan dan momentum kesepakatan, kami membutuhkan upaya baru dalam menemukan solusi untuk proses perdamaian Palestina berdasarkan solusi dua negara," sambungnya.

Dua ahli yang mengambil bagian dalam diskusi panel terpisah, berjudul "Decoding the Region in Aftermath of the Treaty", menyerukan lebih banyak dialog di antara para penandatangan Perjanjian Abraham dan negara-negara Timur Tengah lainnya dengan maksud untuk memulai de-eskalasi regional ketegangan.

"Saya melihat Iran sebagai pecundang dalam arti kehilangan secara geopolitik, ideologis dan politik di dalam negeri," kata Alex Vatanka, rekan senior dan direktur program Iran di The Middle East Institute.

"Secara geopolitik, rezim Iran sekarang prihatin dengan apa arti kehadiran Israel di Teluk bagi keamanan Iran. Secara ideologis, sumbu perlawanan berada pada posisi bertahan. Jelas bahwa opsi perjuangan bersenjata melawan Israel tidak berhasil dan mungkin inilah saatnya untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Di dalam negeri, ini memalukan bagi Iran di mata orang Iran," jelasnya.

Dia mengatakan Iran sekarang harus menghasilkan solusi kebijakan dan, yang lebih penting, terlibat dalam introspeksi. Tanda tanya masih ada, seberapa banyak Israel dan Teluk akan bekerja sama secara militer dan dalam intelijen, yang akan membentuk tindakan Iran ke depan, katanya.

“Iran telah membuat kesalahan besar selama 42 tahun terakhir dengan percaya bahwa ia dapat berdamai dengan negara-negara Teluk melalui Washington, dan itu adalah premis palsu yang tidak akan berhasil. Sumbu perlawanan ada di pertahanan, yang memberi tekanan pada Iran," ujarnya.

Menurut Vatanka, jika Abraham Accords akhirnya menciptakan cara kerja sama baru yang nyata yang melibatkan Israel dan Teluk, itu akan membuat hidup lebih sulit untuk pesan ideologis yang telah dipromosikan Iran selama 42 tahun terakhir.

"Ini memalukan bagi Iran dan kegagalan di pihak mereka," katanya.

"Kebijakan luar negeri Iran telah mengundang sanksi besar-besaran terhadap negara itu dan membahayakan seluruh rezim. Orang-orang Iran akan turun ke jalan dan segala sesuatu yang diperjuangkan oleh Republik Islam sekarang akan ditantang, tidak seperti yang pernah Anda lihat sebelumnya. Itu adalah risiko nyata bagi rezim," ujarnya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement