Jumat 13 Nov 2020 10:34 WIB

Mercedes-Benz Lebih Selektif Terima Pasokan Bahan Baterai

Mercedes-Benz hanya akan mengambil bahan baterai dari perusahaan bersertifikat.

Mercedes benz eqc 4x4 mobil listrik pertama penggerak 4 roda.
Foto: Antara
Mercedes benz eqc 4x4 mobil listrik pertama penggerak 4 roda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil mewah Mercedes-Benz  mengambil sikap lebih selektif dalam mencari pemasok bahan baku baterai mobil listriknya, yakni kobalt dan lithium. Mercedes Benz mungkin akan menghentikan pasokan dari negara-negara berisiko.

Selama ini, negara asal yang dipandang berisiko tinggi sengaja tidak dikecualikan sebagai sumber pasokan. Pendekatan yang diambil di sini bertujuan untuk memperbaiki situasi lokal bagi orang-orang yang bekerja di sana. Ini juga untuk memperkuat hak-hak pekerja agar tak ada pelanggaran HAM saat menambang.

Baca Juga

Dengan demikian, Mercedes-Benz AG mengikuti rekomendasi dari organisasi non-pemerintah, pemerintah dan kelompok kepentingan terkait lainnya untuk tidak menarik diri dari negara-negara berisiko tinggi.

Mercedes-Benz telah melakukan audit rantai pasokannya dan tunduk pada pedoman Organisasi Pembangunan dan Kerjasama Ekonomi (OECD). Mercedes-Benz hanya akan menerima kobalt dan lithium dari sumber bersertifikat.

"Kami telah mengaudit rantai pasokan untuk armada kendaraan listrik Mercedes-Benz kami sesuai dengan pedoman OECD, sepanjang perjalanan kembali ke tambang, meskipun kami sendiri tidak mencari kobalt secara langsung. Berdasarkan wawasan yang diperoleh, kami akan menginstruksikan pemasok baterai kami hanya mendapatkan kobalt dan lithium dari lokasi penambangan bersertifikat di masa mendatang,” kata Markus Schafer, anggota dewan manajemen Daimler dan Mercedes-Benz AG.

Di masa depan, Mercedes-Benz juga ingin menggunakan teknologi pasca-litium-ion dengan komposisi material baru untuk sepenuhnya menghilangkan material seperti kobalt. Optimalisasi lebih lanjut dari daur ulang dan penerapannya di Mercedes-Benz juga merupakan bagian dari strategi baterai holistik.

“Aspirasi kami sangat jelas: kami ingin produk kami hanya mengandung bahan baku yang telah ditambang dan diproduksi tanpa pelanggaran HAM,” kata Renata Jungo Brüngger, anggota dewan manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz, yang bertanggung jawab atas urusan integritas dan hukum.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement