Jumat 13 Nov 2020 04:30 WIB

Siaga Bencana, Depok Siapkan 8 Unit Alat Berat

Selain alat berat, Dinas PUPR juga memiliki Satgas yang siaga sekitar 300 personel

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Alat berat siaga mengantisipasi ancaman banjir (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Alat berat siaga mengantisipasi ancaman banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mengntisipasi bencana di musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok akan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki. Di antaranya menerjunkan alat berat yang sudah disiapkan yakni sebanyak delapan unit.

Delapan unit alat berat tersebut yaitu tujuh unit excavator dan satu unit mini spider. "Sudah kami siagakan dan berfungsi dengan baik," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Rustandi di Balai Kota Depok, Kamis (12/11).

Baca Juga

Dadan menjelaskan, kedua jenis alat berat tersebut berbeda fungsi. Namun, tujuannya sama yaitu untuk normalisasi kali maupun situ. "Kalau excavator untuk normalisasi situ dan bisa mengapung di air. Kalau mini spider untuk normalisasi kali dan hanya bisa di darat," jelasnya.

Dia mengatalan, selain alat berat, pihaknya juga memiliki Satuan Tugas (Satgas) sekitar 300 personel. Jumlah ini bisa membantu stakeholder terkait dalam upaya siaga bencana.

"Mudah-mudahan alat berat dan personel yang kami miliki bisa membantu masyarakat dalam upaya penanganan maupun mencegah potensi bencana di Kota Depok. Kami juga siap bersinergi dengan pihak terkait," harap Dadan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement