Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Olly-Steven Ingin Sulut Tambah Hebat Lima Tahun ke Depan

Jumat 13 Nov 2020 02:17 WIB

Red: Bayu Hermawan

Olly Dondokambey (kanan)

Olly Dondokambey (kanan)

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pasangan Olly-Steven jabarkan pencapaian pembangunan di Sulut di masa kepemimpinannya

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw memaparkan capaian-capaian pembagunan di Sulawesi Utara (Sulut) dalam lima tahun masa kepemimpinannya, dalam debat calon gubernur (Cagub) dan Cawagub Sulut di Manado, Rabu (11/11). Dalam kesempatan itu, Olly-Steven juga menjabarkan visi-misi Sulut Tambah Hebat, untuk lima tahun selanjutnya.

"Selama 5 tahun melayani rakyat, kami sudah mengawal visi Sulut Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Pemerintahan, dan Berkepribadian Dalam Budaya," kata Olly dalam keterangannya, Kamis (12/11/2020).

Olly menyampaikan itu saat mengawali paparan debat cagub dan cawagub Sulut. Debat sesi II ini mengambil tema "Kesejahteraan Masyarakat, Pendidikan dan Penanggulangan Kemiskinan (Ekonomi, Industri, Pendidikan, Perdagangan, dan Teknologi, UMKM dan Koperasi, Gender, Disabilitas dan Anak)".

Baca Juga

Olly-Steven memaparkan fakta dan data kongkrit capaian indikator makro ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi sebesar 5-6 persen per tahun, berada di atas rata-rata nasional. Sementara capaian investasi Sulut 2019 mencapai Rp14 Triliun. Inflasi dikendalikan di bawah 4 persen, sehingga mendapat penghargaan TPID terbaik.

Kemudian pendapatan daerah dan retribusi daerah (PDRB) naik mencapai lebih dari Rp130 Triliun, pengangguran turun nenjadi 7,37 Persen, tingkat kemiskinan turun menjadi 7 persen. Serta angka harapan hidup naik menjadi 72 tahun.

"Sejumlah rumah sakit bertaraf internasional kami hadirkan agar bisa mengatasi kesehatan masyarakat," ungkap Olly.

Sementara di bidang pendidikan, Olly-Steven menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi, ujian nasional berbasis komputer sehingga lulusan SMU dan SMK kualitasnya sama, baik dari Miangas sampai Pinogaluman, termasuk tinggi dalam aspek integritas, ditunjang dengan upah tenaga pendidik yang sesuai UMP.

"Pendidikan vokasi diperluas dengan mengembangkan SMK Pertanian, SMK Pariwisata dan Akademi Pariwisata," katanya.

Selain itu, Olly juga menjelaskan berbagai upaya yang telah dilaksanakan untuk peningkatan ekspor, baik melalui Pelabuhan Bitung maupun Flight Cargo. Selain itu juga mempercepat industrialisasi produk pertanian agar mampu menyerap Raw Material.

"Di bidang UMKM dan Koperasi, kita siapkan program Inkubator Kewirausahaan, Pelatihan UMKM Go Digital, termasuk pemberian modal usaha melalui Bank Sulut sebesar 1 triliun untuk UMKM," kata Olly.

Dari program UMKM ini, ditargetkan mampu memompa pertumbuhan 100.000 wirausaha baru,10.000 pengusaha menengah, dan 1.000 usaha berskala Internasional. Olly-Steven juga telah siapkan roadmap tranformasi digital, dengan membangun infrastruktur penunjang data centre, kebijakan yang komprehensif untuk menjadikan Sulut sebagai "Silicon Valley" Indonesia.

"Prinsip kami adalah 'Salus Populi Suprema Lex Esto'. Hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat. Semua kerja keras kami, peluh keringat kami, dan setiap bait doa kami, tidak lain adalah untuk kesejahteraan rakyat Sulawesi Utara, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, golongan, siapapun tidak terkecuali, demi kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Sulawesi Utara," jelasnya.

 
 

BERITA LAINNYA