Kamis 12 Nov 2020 23:56 WIB

Sulsel Isyaratkan Tiga Kabupaten Boleh Sekolah Tatap Muka

Tiga kabupaten yang boleh gelar sekolah tatap muka berstatus nol Covid-19

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah.
Foto: Antara
Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah memberikan sinyal pada tiga kabupaten yang sudah nol kasus COVID-19 untuk mempersiapkan membuka sekolah tatap muka.

"Ketiga daerah itu adalah Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara sudah bisa buka sekolah secara tatap muka, karena sudah masuk dalam zona hijau dan nol kasus,” kata Nurdin di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, bagi daerah yang sekolahnya ingin mengajukan izin membuka pembelajaran tatap muka hendaknya memenuhi beberapa syarat sesuai dengan protokol kesehatan yakni ada tempat cuci tangan, juga wajib pakai masker.

"Untuk di sekolah harus diatur jarak mungkin kapasitas 50 persen dulu. Kan bisa diatur seperti itu. Pelaksanaan pendidikan tatap muka di sekolah itu tergantung masing-masing wilayah, kesiapan sekolah, dan persetujuan orang tua siswa,” paparnya.

Dia mengatakan, pihak sekolah bisa mengusulkan ke Dinas Pendidikan untuk sekolah tatap muka. Selanjutnya pihak dinas pendidikan dan kesehatan yang turun memastikan protokol COVID-19 bisa diterapkan atau tidak, agar sekolah tatap muka digelar.

Sementara itu, di Kota Makassar hingga saat ini baru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kehutanan Makassar yang diberi izin untuk menggelar sekolah secara tatap muka.

“Baru SMK kehutanan yang bermohon dan memenuhi syarat pembukaan sekolah tata muka dan ini sudah berjalan," kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Muhammad Jufri.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu sekolah lain yang sudah siap membuka sekolah tatap muka, tetapi dengan catatan mengindahkan protokol kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement