Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Ahli Gizi Victoria Beckham Bagikan Prinsip Utama Makan Sehat

Kamis 12 Nov 2020 22:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Victoria Beckham

Victoria Beckham

Foto: John Minchillo/AP Photo
Perasaan seseorang berdampak besar pada kualitas makanannya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selama pandemi, tak sedikit orang yang akhirnya menjadi stres dan terkena dampak pada pola makannya. Menurut terapis ahli gizi di Inggris, Amelia Freer, sebaiknya terapkan nutrisi positif yaitu berusaha menyehatkan tubuh, pikiran dan jiwa, serta menemukan kegembiraan dalam mengonsumsi makanan seimbang.

Freer mengatakan, perasaan seseorang berdampak besar pada kualitas makanannya. Makanan bisa menjadi topik yang sangat emosional. "Karena itu terkait erat dengan ingatan, keluarga, budaya, identitas, dan lainnya," ujar ahli gizi yang menangani Victoria Beckham ini seperti dilansir di laman Vogue, Kamis (12/11).

Oleh karena itu, memperlakukan diri sendiri secara konsisten seputar makanan dan praktik gaya hidup sangat penting untuk memungkinkan dimulainya kebiasaan sehat yang baru. Berikut lima nasihat kunci dari Freer terkait diet sehat:

1. Fokus pada peningkatan makanan utuh yang padat nutrisi

Dia mengatakan jika ada satu perubahan yang mungkin membuat perbedaan terbesar bagi kesehatan, itu adalah meningkatkan jumlah makanan padat nutrisi yang kita makan. Contohnya yakni buah-buahan dan sayuran, sumber protein berkualitas tinggi, makanan sehat lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, serta biji-bijian dan air.

"Mendasarkan sebagian besar makanan kita pada jenis makanan ini sering kali merupakan langkah terpenting dalam membangun pola makan yang sehat," ujar Freer.

2. Pikirkan tentang keseimbangan

Beri tubuh kita beragam makanan yang dibutuhkan setiap hari. "Saya hampir selalu memulai dengan beberapa porsi sayuran, kemudian menambahkan sumber protein seperti daging, ikan, telur, yogurt alami), dan beberapa lemak sehat seperti sedikit minyak zaitun atau alpukat," jelas Freer.

Jika merasa lapar, dia juga akan menyertakan beberapa karbohidrat olahan minimal seperti kentang baru, ubi jalar, atau biji-bijian seperti nasi merah atau oat. Freer pun menambahkan sedikit rasa, sering kali serpihan cabai, kulit lemon dan jus, lada hitam, atau bumbu lainnya.

3. Makan untuk kesehatan sosial, emosional, serta kesehatan fisik

Dia mengatakan kegembiraan sangat penting dalam hal makan sehat. Freer merasa, makanan adalah salah satu kesenangan sederhana yang paling penting dalam hidup. Makanan juga sering kali sangat penting untuk kesehatan sosial dan emosional seseorang.

Oleh karena itu, bagian yang sangat penting dari perjalanan menemukan pola makan sehat adalah menemukan apa yang sebenarnya kita nikmati saat memasak dan makan. Hidup ini terlalu singkat untuk merasa dibatasi setiap hari melalui makanan. Menemukan kegembiraan membutuhkan sedikit eksperimen dan kesenangan, seperti mencoba bahan-bahan baru, resep baru, dan cara baru memasak dan makan.

4. Tidak selalu tentang makanan

Menurut Freer, makan tidak terjadi sendirian. Ini terkait erat dengan hampir semua aspek lain dari kehidupan dan kesehatan, pekerjaan, keluarga, hingga tidur. 

Menurut dia, terkadang kita perlu fokus pada aspek-aspek lain terlebih dahulu untuk memperbaiki nutrisi.

5. Pikirkan tentang musim dan keberlanjutan

Dia menyebut, kesehatan kita berkaitan erat dengan kesehatan planet, sistem pangan, dan tanah. Semakin jelas pentingnya keputusan membeli makanan dan dampaknya terhadap lingkungan. Meskipun ini adalah topik yang kompleks dan memiliki banyak aspek, kesadaran adalah langkah pertama untuk membuat keputusan secara sadar.

Oleh karena itu, Freer suka mendorong pola makan musiman. Hal itu tidak hanya bisa membantu kita terhubung dengan siklus pertanian dan pertumbuhan. "Namun juga memungkinkan kita membeli lebih banyak makanan lokal dan menikmati lebih banyak variasi makanan sepanjang tahun," ujarnya


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA