Jumat 13 Nov 2020 00:36 WIB

KTT ASEAN akan Bahas Ketegangan Regional dan Ekonomi

Agenda puncak KTT adalah ketegangan di Laut China Selatan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Reuters/ Red: Muhammad Fakhruddin
 KTT ASEAN akan Bahas Ketegangan Regional dan Ekonomi. Orang-orang tampil selama upacara pembukaan KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke-37 dan KTT terkait di Hanoi, Vietnam, 12 November 2020. KTT ASEAN virtual ke-37 dan KTT terkait berlangsung dari 12 hingga 15 November 2020 di Konvensi Internasional Center (ICC) di Hanoi.
Foto: EPA-EFE/MINH HOANG
KTT ASEAN akan Bahas Ketegangan Regional dan Ekonomi. Orang-orang tampil selama upacara pembukaan KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke-37 dan KTT terkait di Hanoi, Vietnam, 12 November 2020. KTT ASEAN virtual ke-37 dan KTT terkait berlangsung dari 12 hingga 15 November 2020 di Konvensi Internasional Center (ICC) di Hanoi.

REPUBLIKA.CO.ID,HANOI -- Para pemimpin Asia Tenggara memulai KTT multilateral pada Kamis (12/11) untuk mengatasi ketegangan di Laut China Selatan dan menangani rencana pemulihan ekonomi pasca-pandemi di wilayah di mana persaingan AS-China telah meningkat.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejauh ini belum ditarik ke dalam pusaran persaingan dan tantangan terhadap sistem multilateral internasional.  

"Tiga perempat abad telah berlalu sejak akhir Perang Dunia Kedua. Perdamaian dan keamanan dunia, bagaimanapun, belum benar-benar berkelanjutan," kata Phuc dalam pidato pembukaannya pada KTT ASEAN ke-37 di Hanoi. Pemerintahannya saat ini memegang kepemimpinan dari blok beranggotakan 10 negara tersebut.

"Tahun ini, keduanya (perdamaian dan keamanan dunia) secara khusus berada di bawah ancaman yang lebih besar sebagai akibat dari meningkatnya risiko yang timbul dari perilaku negara yang tidak dapat diprediksi, persaingan dan friksi kekuatan utama," tambah Phuc pada KTT virtual tersebut. 

KTT ini juga mencakup pertemuan antara ASEAN dan China, India, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Amerika Serikat.

Agenda puncak KTT adalah ketegangan di Laut China Selatan, di mana kapal-kapal China telah terlibat dalam kebuntuan berkala dengan kapal-kapal dari Vietnam, Malaysia, dan Indonesia ketika Beijing berusaha untuk menegaskan klaim teritorialnya di jalur perairan yang disengketakan tersebut.

China mengklaim sekitar 80 persen laut termasuk sebagian besar zona ekonomi eksklusif Vietnam, atau ZEE, serta Kepulauan Paracel dan Kepulauan Spratly. Ini juga tumpang tindih dengan ZEE anggota ASEAN Brunei, Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Sejak pertengahan Agustus, Amerika Serikat telah berulang kali membuat marah China dengan mengirim kapal perang ke Laut China Selatan dan telah memasukkan 24 entitas China ke daftar hitam atas keterlibatan mereka dalam membangun dan memiliterisasi pulau-pulau buatan.

Perdana Menteri China Li Keqiang berjanji Beijing akan terus bekerja dengan negara-negara ASEAN di jalur pembangunan damai untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Menggambarkan pandemi virus corona sebagai tantangan yang menentukan generasi kita, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mendesak negara-negara untuk bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara, kaya atau miskin, akan memiliki akses ke vaksin yang aman.

Para pemimpin ASEAN juga diharapkan untuk menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang didukung China pada hari Ahad, yang bisa menjadi perjanjian perdagangan terbesar di dunia.

Kesepakatan itu, yang datang pada saat ketegangan atas hasil pemilu AS meninggalkan pertanyaan tentang keterlibatan Washington di kawasan itu, kemungkinan akan memperkuat posisi China lebih kuat sebagai mitra ekonomi dengan Asia Tenggara, Jepang dan Korea, dan menempatkannya pada posisi yang lebih baik untuk membentuk aturan perdagangan kawasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement