Kamis 12 Nov 2020 21:13 WIB

Dua Nelayan Tewas Tenggelam di Pantai Tanjung Pasir

Satu nelayan lainnya belum ditemukan dan pencarian dilanjutkan besok.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Proses pencarian tiga nelayan yang dikabarkan tenggelam di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.
Foto: BPBD Kabupaten Tangerang
Proses pencarian tiga nelayan yang dikabarkan tenggelam di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak tiga orang nelayan dikabarkan tenggelam saat sedang mencari ikan di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (11/11) malam. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan, ketiga korban adalah warga sekitar pantai atas nama Didin (33), Tarman (60) dan Masjuk (70). 

"Korban atas nama Tarman dan Masjuk sudah ditemukan pagi tadi. Sedangkan korban Didin sampai pukul 18.00 WIB belum juga ditemukan," ujar Kosrudin kepada Republika.co.id Kamis (12/11). 

Baca Juga

Menurut keterangan sejumlah saksi, Kosrudin menjelaskan, kejadian tenggelamnya ketiga nelayan tersebut berawal saat mereka pergi melaut untuk mencari ikan di tengah laut. Saat menebar jala, salah satunya tercebur karena tersangkut jaring hingga jatuh ke laut. Dua orang lainnya yang hendak menolong justru ikut tercebur lantaran kapal yang mereka tumpangi oleng hingga akhirnya terbalik. 

Kosrudin menyebut, pada saat kejadian, cuaca terbilang normal. Insiden itu, kata dia murni karena faktor kelalaian. "Enggak ganas ombaknya. (Penyebabnya) bukan faktor cuaca, tapi faktor kelalaian, musibah," terangnya. 

Dua korban yang telah berhasil dievakuasi saat ini sudah dimakamkan. Sementara itu, pencarian terhadap korban Didin dilanjutkan keesokan harinya. "Pencarian dilanjutkan besok. Kalau mencari malam akan mengancam keselamatan yang mencari. SOP-nya begitu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement