Jumat 13 Nov 2020 01:19 WIB

Pejabat PBB: Warga Yaman Dibiarkan Kelaparan

Mark Lowcock mendesak pihak-pihak yang berkonflik untuk mengakhiri penderitaan

Red: Nur Aini
Penduduk Yaman menderita kekurangan makanan dan terserang penyakit.
Penduduk Yaman menderita kekurangan makanan dan terserang penyakit.

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kepala Badan Kemanusiaan PBB Mark Lowcock menggambarkan potret suram warga Yaman di tengah konflik, mengatakan bahwa penduduk setempat menderita kekurangan makanan dan terserang penyakit.

Baca Juga

"Yaman tidak 'kelaparan'. Mereka dibiarkan kelaparan," kata Lowcock dalam penjelasannya kepada Dewan Keamanan PBB, Rabu (11/11).

Dia mendesak pihak-pihak yang berkonflik, anggota Dewan Keamanan, donor dan organisasi kemanusiaan untuk mengakhiri penderitaan tersebut.

"Waktu hampir habis," ujarnya.

Lowcock mengatakan tanpa makanan, metabolisme tubuh melambat untuk mempertahankan energi bagi organ vital dan bahwa ketika lapar dan lemah, orang sering menjadi lelah, mudah tersinggung dan bingung.

"Sistem kekebalan kehilangan kekuatan. Jadi saat mereka kelaparan, orang - terutama anak-anak - lebih mungkin jatuh sakit atau meninggal karena penyakit yang mungkin mereka lawan," ujar dia.

Lowcok merinci penyakit-penyakit seperti kolera, Covid-19, infeksi pernapasan dan penyakit lainnya seperti malaria, demam berdarah, dan difteri.

"Ini adalah kematian yang mengerikan, menyiksa dan memalukan serta sangat kejam di dunia, di mana sebenarnya ada lebih dari cukup makanan untuk semua orang," tambah dia.

Lowcock mendesak donor untuk meningkatkan dukungan, dengan mengatakan lebih dari 200 juta dolar AS yang dijanjikan tahun ini, termasuk pendanaan baru yang diumumkan pada September, masih belum dibayarkan.

Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah negara, termasuk ibu kota, Sanaa. Krisis memuncak setahun kemudian, ketika koalisi pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara besar-besaran untuk mengalahkan Houthi. Puluhan ribu warga Yaman, termasuk warga sipil, diyakini tewas dalam konflik yang menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia itu.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pejabat-pbb-warga-yaman-dibiarkan-kelaparan/2041033
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement