Kamis 12 Nov 2020 16:56 WIB

5 Karakter Film Harry Potter yang Dinilai 'Beda' dari Buku

Berdasarkan novel, Neville Longbottom harusnya bertubuh pendek dan berambut pirang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Harry Potter, Ron, dan Hermione dalam film Harry Potter and the Sorcerer
Foto: Warner Bros Pictures.
Harry Potter, Ron, dan Hermione dalam film Harry Potter and the Sorcerer

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Harry Potter dibuat berdasarkan novel berjudul sama karya JK Rowling. Sinema tersebut menjadi yang terbesar di Hollywood antara tahun 2001 hingga 2011.

Para pemeran Harry Potter seperti Daniel Radcliffe, Rupert Grint, dan Emma Watson memperoleh pujian atas penampilan mereka. Pihak studio, Warner Bros, dinilai telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan film tersebut.

Namun, beberapa karakter versi film rupanya dianggap tidak terlalu serupa dengan versi buku. Berikut lima karakter dalam film yang dinilai berbeda dengan versi film, seperti dilansir di laman Screen Rant, Kamis (12/11):

1. Neville Longbottom

Karakter Neville Longbottom memulai seri dengan tampilan yang cukup sesuai dengan buku, yaitu sedikit berambut pirang di sampingnya. Tetapi pemeran Longbottom, Matthew Lewis, mengalami transformasi seiring bertambahnya usia. Saat bertempur dalam Harry Potter: Deathly Hallows Part 2, dia terlihat sangat berbeda.

Longbottom terlihat tinggi, kurus, dan memiliki rambut hitam. Padahal jika mengacu pada buku, seharusnya dia bertubuh pendek, bertulang besar, dan berambut pirang. Perubahan Lewis memang tak bisa dihindari, tapi setidaknya mereka bisa memberikan potongan rambut baru agar tetap terlihat lebih tepat sesuai buku.

2. Rufus Scrimgeour

Tokoh Rufus Scrimgeour hanya menjadi kameo dalam film Harry Potter: Deathly Hallows Part 1. Dia muncul di The Burrow untuk memberikan Harry, Ron, dan Hermione pesan dari Albus Dumbledore setelah kematiannya dalam Harry Potter: Half-Blood Prince.

Scrimgeour diperankan oleh Bill Nighy dan dibuat karakternya memiliki rambut panjang kusut. Namun, dalam buku, deskripsinya berbeda. Dia digambarkan menyerupai singa tua dengan guratan abu-abu di surai rambut kecoklatannya dan memiliki alis lebat.

Selain itu, dia memiliki mata kekuningan yang tajam dan memakai kacamata berbingkai kawat (selain memiliki bekas luka). Penampilan Nighy terlalu terlihat bersih dan dia tidak memberikan kesan sebagai seorang pria yang telah bertarung dalam banyak pertempuran dengan penyihir gelap bertahun-tahun sebelumnya.

3. Alastor Moody

Alastor Moody pertama kali muncul dalam Harry Potter: Goblet of Fire. Harry menghabiskan satu tahun penuh di hadapan seseorang yang menurutnya setia kepada Albus Dumbledore, tetapi kemudian terungkap bahwa Alastor Moody ternyata Death Eater, Barty Crouch Jr, yang menyamar. Alastor yang asli malah dipenjara di kopernya sendiri.

Moody dalam film ini memiliki mata ajaib yang terpasang pada tali dan hidungnya utuh, berbeda dalam novel Rowling. Mata ajaibnya justru tanpa tali dan hidungnya jauh dari utuh, malah sebagian besar hilang. Sebaiknya penggambaran Moody dibuat tidak semenakutkan itu dalam layar lebar agar lebih enak ditonton anak-anak.

4. Sirius Black

Tokoh Sirius Black diperankan oleh Gary Oldman. Oldman hampir menyerupai karakter Sirius dengan rambut lusuh, bentuk tubuh kurus, dan tampilan angker selama bertahun-tahun di Azkaban. Namun, masih ada beberapa perbedaan dari versi buku.

Sirius dikatakan memiliki kulit menyerupai lilin yang begitu erat di wajahnya sehingga dia tampak seperti tengkorak, rambut kotor yang menjuntai sampai ke siku, dan mata cekung serta wajah cemberut yang membuatnya tampak seperti mayat. Jadi, meskipun dia adalah ayah baptis Harry, tapi memang terlihat kasar apalagi ketika bertemu dengannya pertama kali di Tahanan Azkaban, dia bisa saja terlihat lebih buruk.

5. Petunia Dursley

Petunia Dursley muncul untuk pertama kalinya dalam Harry Potter: Sorcerer’s Stone yang diperankan oleh Fiona Shaw. Dia kemudian muncul juga dalam empat film Harry Potter lainnya, dan karakter ini adalah salah satu yang juga berbeda dari versi buku.

Petunia dalam buku digambarkan memiliki rambut pirang, mata pucat, dan memiliki leher panjang yang tidak normal. Sayangnya, itu tidak ditampilkan dalam film tersebut. Mungkin yang mirip hanya bentuk tubuh kurusnya saja.

Selain kelima nama di atas, masih ada beberapa karakter yang dinilai tidak mirip antara film dengan buku. Mereka yakni Bill Weasley, Lord Voldemort, Horace Slughorn, Hermione Granger, dan Ron Weasley.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement