Kamis 12 Nov 2020 16:44 WIB

Sporting Lisbon Pagari Mendes dari Godaan Klub Besar Eropa

Mendes tidak pernah absen di tujuh laga yang telah dilakoni Sporting

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Nuno Mendes
Foto: daily star
Nuno Mendes

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Meski baru berusia 18 tahun, tapi Nuno Mendes mampu menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Sporting Lisbon. Performa apik Mendes itu tidak ayal menarik minat sejumlah klub-klub besar Eropa, mulai dari Juventus, Liverpool, Manchester United, hingga AC Milan.

Mendes bergabung bersama akademi sepak bola Sporting pada usia 10 tahun. Setelah tampil apik bersama tim junior Sporting, Mendes pun langsung mendapatkan kepercayaan menghuni tim utama Sporting. Pelatih Rube Amorim pun memberikan kesempatan kepada Mendes untuk mengawal lini belakang Sporting.

Mendes pun tidak pernah absen di tujuh laga yang telah dilakoni Sporting di pentas Liga Portugal musim ini. Bahkan, Mendes sudah menyumbang satu gol saat Sporting membungkam Portimonense, 2-0, awal bulan lalu.

Performa ini membuat Mendes masuk dalam radar klub-klub besar Eropa. Bahkan, Juventus, Manchester United, Liverpool, dan AC Milan menjadikan Mendes sebagai salah satu target utama pada jendela transfer musim dingin mendatang.

Ketertarikan klub-klub besar Eropa ini pun disadari manajemen Sporting Lisbon. Selain mengikat Mendes dengan durasi kontrak selama lima tahun pada Juni silam, Sporting juga menyertakan nilai klausa pelepasan Mendes, yang mencapai 45 juta euro. Namun, langkah ini dianggap tidak cukup.

''Sporting Lisbon dan perwakilan Mendes telah mencapai kata sepakat terkait rencana menaikan nilai klausa pelepasan Mendes. Sporting telah meningkatkan nilai klausa pelepasan Mendes hingga mencapai 70 juta euro di kontrak teranyar Mendes,'' tulis laporan Record, Kamis (12/11).

Nilai klausa pelepasan ini pun dianggap cukup besar buat pemain yang baru tampil di 13 laga buat tim utama Sporting di semua ajang. Namun, angka ini dianggap cukup tepat guna memagari Mendes dari upaya klub-klub lain untuk merekrutnya.

Kendati begitu, klub-klub peminat Mendes tidak serta merta mesti membayar nilai klausa pelepasan tersebut demi bisa merekrut Mendes. Namun, dengan nilai klausa pelepasan ini, Sporting berada dalam posisi yang lebih menguntungkan saat masuk ke dalam proses negosiasi perekrutan Mendes dengan klub lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement