Jumat 13 Nov 2020 00:28 WIB

12 RIbu Mahasiswa Ikut Kompetisi Sobat Bumi

Kompetisi Sobat Bumi diselengagrakan FMIPA UI dan Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Lebih dari 12 ribu mahasiswa mengikuti Kompetisi Sobat Bumi 2020 Kategori Teori Sains. Kompetisi diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) dan PT Pertamina (Persero).

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris menjelaskan, Kompetisi Sobat Bumi (KSB) Kategori Teori Sains merupakan ajang kompetisi sains nasional bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Baca Juga

"Kami mendukung sepenuhnya kompetisi ini sebagai upaya memaksimalkan potensi dan prestasi generasi muda di seluruh daerah di Indonesia," katanya.

Manajer Tanggung Jawab Sosial PerusahaanPT Pertamina Persero Dian Hapsari mengatakan bahwa KSB merupakan bagian dari program Pertamina Cerdas. KSB 2020 memfasilitasi mahasiswa Indonesia mengeksplorasi daya pikir dan logikaguna menghasilkan inovasi yang bisa menjadi solusi.

Bidang yang dilombakan dalam KSB2020 Kategori Sains meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada babak pertama KSB 2020 Kategori Teori Sains, Pertamina dan UI melakukan seleksi tingkat provinsi via daring.

Seleksi dilakukan 11 hingga 12 November 2020 terhadap 12.747 mahasiswa dari 76 Perguruan Tinggi di Indonesia. Pada babak penyisihan, ada 40 peserta yang dipilih mewakili 10 zona untuk keempat bidang kompetisi serta tujuh peserta dengan nilai tinggi pada masing-masing bidang. Peserta yang lolos seleksi babak pertama akan mengikuti seleksi tingkat nasional.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement