Rabu 11 Nov 2020 20:57 WIB

Puisi Cinta untuk Indonesia Libatkan Pesohor Lintas Generasi

Balai Pustaka menggelar program 'Puisi Cinta untuk Indonesia' secara daring.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Balai Pustaka menggelar program 'Puisi Cinta untuk Indonesia' secara daring (Foto: ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Balai Pustaka menggelar program 'Puisi Cinta untuk Indonesia' secara daring (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Iqbaal Ramadhan dengan lancar mendaraskan bait menggelitik dalam sajak "Surat Kepada Bunda: tentang Calon Menantunya". Karya WS Rendra itu memuat surat dari seorang lelaki yang memberitahu ibunya tentang sang tambatan hati.

"Mamma yang tercinta, akhirnya kutemukan juga jodohku. Seseorang yang bagai kau: sederhana dalam tingkah dan bicara, serta sangat menyayangiku," ucap bintang film Dilan itu membacakan puisi dengan ekspresi penuh penghayatan.

Baca Juga

Iqbaal menjadi salah satu dari deretan pesohor lintas generasi yang terlibat dalam program "Puisi Cinta untuk Indonesia". Acara besutan Balai Pustaka bersama Titimangsa Foundation itu tayang di kanal YouTube Balai Pustaka Official, Selasa (10/11) petang.

Pasangan selebritas Vino G Bastian dan Marsha Timothy turut terlibat dalam program yang membumikan puisi tersebut. Secara bersahut-sahutan, mereka membacakan sajak romantis berjudul "Sungsang Buku Sepasang" karya Hasan Aspahani.

 

Muatan cinta pun sangat terasa dalam puisi bertajuk "Sajak" karya Subagio Sastrowardoyo yang dibacakan dengan syahdu oleh Sha Ine Febriyanti. Sementara, aktris Atiqah Hasiholan membawakan "Puisi Cinta" gubahan penyair Mutia Sukma.

"Aku mencintaimu, bahkan ketika kemiskinan mengintai kita. Sebab seburuk-buruknya kemiskinan, ada sekaya-kayanya doa," demikian penggalan "Puisi Cinta" yang dibaca oleh Atiqah.

Cinta yang terangkum, tidak melulu soal romansa. Aktris dan penyanyi Widi Mulia yang malam itu juga menjadi pemandu acara, membacakan puisi berjudul "Doa" karya Amir Hamzah, wujud kerinduan kepada Sang Pencipta.

Ada juga persembahan cinta untuk ibunda, seperti puisi "Ibu" karya D Zawawi Imron yang dibacakan pemeran senior Christine Hakim. Pelakon Butet Kartaredjasa pun membacakan puisi tentang guru, yakni "Dengan Kata Lain" karya Joko Pinurbo.

Sebagai penutup, aktris Happy Salma membacakan "Tuhan, Kita Begitu Dekat" karya Abdul Hadi WM. Berlanjut dengan "Doa", puisi karya Chairil Anwar yang dideklamasikan Reza Rahadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement