Rabu 11 Nov 2020 19:49 WIB

Mantan Pelatih Spanyol Pilih Messi daripada Maradona

Del Bosque tak mau memilih antara Xavi dan Andres Iniesta.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Diego Maradona dan Lionel Messi.
Foto: goolfm.net
Diego Maradona dan Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih Spanyol Vicente del Bosque memberi pendapat dalam salah satu perdebatan terbesar dalam sepak bola. Yakni, apakah bintang Barcelona Lionel Messi lebih baik daripada legenda Argentina Diego Maradona.

Bosque menyinggung pengalamannya bersama tim nasional Spanyol, di mana ia memenangkan Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. "Saya tetap bersama Messi," kata Bosque kepada Leo Burgueno di Youtube, yang dikutip Football Espana dari AS, Rabu (11/11). "Setiap kali Anda melihatnya, dia sangat bagus, dia berkontribusi banyak."

Baca Juga

Del Bosque juga membandingkan Xavi dengan Andres Iniesta, di mana keduanya sangat penting bagi tim Spanyolnya yang sukses. Namun, ia memilih untuk memberikan jawaban aman dengan tidak memilih salah satunya.

"Mereka berdua bisa bermain di tim yang sama. Mereka memiliki tinggi yang sama, tapi mereka berdua sangat berbeda dan pesepak bola yang sangat baik," kata dia.

Del Bosque mengambil alih timnas Spanyol dari Luis Aragones yang baru saja memenangkan Piala Eropa 2008. Tentu menjadi tugas yang berat untuk mempertahankan standar itu dengan harapan tinggi warga Spanyol.

"Kami memiliki pemain hebat dan sedang mengendarai gelombang kemenangan," kenangnya. "Ada sistem dan gaya permainan yang cocok dan salah satu yang kami semua miliki."

Sebagai pesepak bola, Del Bosque menghabiskan sebagian besar kariernya di Santiago Bernabeu, di mana dia tampil sebanyak 400 kali. Dia memenangkan lima gelar La Liga dan empat gelar Copa Del Rey sebagai pemain bersama Real Madrid.

Sebagai pelatih, ia memenangkan dua gelar La Liga, satu Piala Super Spanyol, satu Copa Iberoamericana, dua gelar Liga Champions, satu Piala Super Eropa dan satu Piala Interkontinental.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement