Jumat 13 Nov 2020 10:00 WIB

Infografis 3 Unsur Penciptaan Manusia Menurut Alquran

Ada tiga hal di dalam Alquran yang merupakan bahan dasar penciptaan manusia.

Foto: republika
Unsur penciptaan manusia menurut Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Unsur Penciptaan Manusia Menurut Alquran

Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik. Hal ini sebagaimana ditegaskan Alquran dalam surat at-Tin ayat ke-4.

Allah SWT lalu memberikan beberapa unsur lain sebagai pelengkap, seperti salah satunya, hawa nafsu untuk menguasai materiil, moril, dan seksual.

Kelengkapan itu tidak dimiliki makhluk lain selain manusia. Ada tiga hal di dalam Alquran yang merupakan bahan dasar penciptaan manusia, yaitu sebagai berikut: 

> Air

Air menjadi komponen esensial dalam penciptaan manusia, begitu juga makhluk lain yang ada di dunia. Hal ini seperti dipertegas dalam Alquran  surah al-Anbiya [21]: 30. Sementara, untuk penciptaan manusia, Allah mempersempit unsur air, seperti dijelaskan dalam Alquran surah 'Abasa [80]: 19, yaitu Allah menciptakan manusia dari air mani .  

>Tanah

Dalam penciptaan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia, beberapa ayat Alquran menyatakan pentingnya unsur lain selain air, yaitu tanah liat, seperti diterangkan surah al-Muminun [23]:12. Ayat ini mengindikasikan bahwa tanah mengandung unsur-unsur yang diperlukan bagi proses kehidupan. 

>Ruh

Dalam penciptaan manusia, ruh atau jiwa adalah yang paling terakhir dipasang ke dalam jasad manusia berup non materiil. Hal ini dijelaskan dalam Alquran surat as-Sajadah ayat 7-9.

Sumber: Harian Republika

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement