Rabu 11 Nov 2020 09:14 WIB

Prancis dan Jerman Desak Uni Eropa Perketat Perbatasan

Uni Eropa didesak memperketat perbatasan untuk mencegah ancaman terorisme

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Bendera Uni Eropa. Uni Eropa didesak memperketat perbatasan untuk mencegah ancaman terorisme.
Foto: EPA/Patrick Seeger
Bendera Uni Eropa. Uni Eropa didesak memperketat perbatasan untuk mencegah ancaman terorisme.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Prancis dan Jerman mendesak Uni Eropa (UE) untuk memperketat perbatasan untuk mencegah ancaman terorisme. Desakan muncul setelah tersangka militan membunuh delapan orang di Paris, Nice, dan Wina dalam waktu satu bulan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan zona Schengen yang bermasalah dari perjalanan bebas kendali di atas perbatasan terbuka sangat perlu diperbaiki. Serangan di Nice dan Wina melibatkan penyerang yang bergerak bebas antarnegara Schengen.

Baca Juga

“Ancaman terorisme membebani seluruh Eropa. Kita harus menanggapi,” kata Macron setelah membahas masalah tersebut dengan Merkel, Kanselir Austria Sebastian Kurz, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, dan pejabat tinggi di Brussels, Belgia.

Kepala negara tersebut mendapatkan tekanan untuk meningkatkan keamanan dan meyakinkan pemilih setelah serangan terbaru. Serangan tersebut memfokuskan kembali perhatian UE pada ekstremisme agama, yang jatuh dari agenda politik teratas setelah kekalahan pasukan ISIS di Timur Tengah pada 2017.

"Mereformasi Schengen berarti mengizinkan pergerakan bebas dalam keamanan," ujar pemimpin Prancis tersebut.

Merkel berpihak pada Macron dalam menuntut pengawasan yang lebih ketat di sepanjang perbatasan eksternal wilayah Schengen yang menyatukan 26 negara. Peraturan baru ini akan berlaku termasuk sebagian besar anggota UE serta Islandia, Norwegia, Swiss, dan Liechtenstein.

“Sangat penting untuk mengetahui siapa yang datang dan siapa yang meninggalkan wilayah Schengen,” kata Merkel.

Masalah keamanan nasional, kekacauan migrasi ke UE dari Timur Tengah dan Afrika dalam beberapa tahun terakhir, dan pandemi virus corona telah menyebabkan munculnya kembali beberapa pengawasan perbatasan di zona Schengen. Padahal, zona tersebut sebelumnya telah dipuji sebagai pencapaian tonggak sejarah dalam integrasi Eropa pasca-Perang Dunia Kedua.

Kurz juga menyerukan rencana yang lebih terkoordinasi untuk menangani militan asing. Sementara Rutte menekankan penghentian pembiayaan asing yang tidak diinginkan sebagai jalan lebih jauh untuk mengatasi ekstremisme.

Gagasan lain yang muncul dalam pertemuan tersebut termasuk menerapkan tuntutan yang lebih ketat pada platform daring untuk memerangi ekstremisme. Para kepala negara mendesak mendirikan lembaga khusus Eropa untuk melatih para imam Muslim dan mampu secara efektif mendeportasi orang-orang yang tidak memiliki klaim suaka di Eropa serta para penjahat dan terduga ekstremis.

Menteri dari 27 anggota UE akan membahas proposal tersebut pada Jumat (13/11). Mengomentari serangan terbaru, Komisioner Urusan Dalam Negeri Ylva Johansson mengatakan kedua perdebatan tersebut tidak perlu membingungkan.

“Kita perlu mengatur migrasi tetapi migrasi dengan sendirinya bukanlah ancaman keamanan. Mungkin ada individu yang berbahaya - di antara para migran tetapi juga di antara orang-orang yang sudah tinggal di sini. Migrasi seperti itu tidak berbahaya,” katanya.

Diskusi tentang langkah-langkah keamanan yang lebih ketat muncul ketika eksekutif blok tersebut telah melakukan upaya untuk awal yang baru pada debat tentang imigrasi. Brussels mengusulkan musim panas lalu untuk menyelesaikan pertikaian bertahun-tahun tentang cara menangani pendatang baru.

Kawasan ini mempertimbangkan gagasan dengan mendorong pemeriksaan perbatasan yang lebih ketat, pengawasan suaka yang lebih ketat, dan pengembalian efektif bagi mereka yang tidak memenuhi syarat. Pengaturan itu pun akan dibarengi dengan kondisi yang lebih hangat bagi para pengungsi dan imigran tenaga kerja resmi ke benua itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement