Rabu 11 Nov 2020 08:31 WIB

Wijnaldum Kapten Baru Timnas Belanda

Wijnaldum adalah salah satu nama paling berpengalaman dalam skuat Belanda.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Belanda, Georginio Wijnaldum (kanan) saat merayakan gol.
Foto: EPA/Maxim Malinovsky
Gelandang timnas Belanda, Georginio Wijnaldum (kanan) saat merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Frank de Boer menobatkan gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum sebagai kapten baru tim nasional (timnas) Belanda. Pelatih asal Belanda itu terpaksa menunjuk kapten baru setelah Virgil van Dijk cedera hingga akhir musim.

Wijnaldum adalah salah satu nama paling berpengalaman dalam daftar nama skuat Belanda yang relatif muda. Ia sekarang diharapkan untuk memimpin pasukan Oranje di masa mendatang.

"Memang menyedihkan Virgil van Dijk tak ada di sana. Itu kerugian besar. Anda hanya perlu melihat prestasinya dalam beberapa tahun terakhir dan kepribadian seperti apa yang ia bawa dalam grup. Tapi seperti biasa dalam laga berikutnya kami harus bangkit. Gini (Wijnaldum) adalah penghubung nyata. Anda lihat itu ketika isu rasisme menjadi topik utama. Dia kemudian mengambil peran perintis," ujar De Boer kepada NOS, Rabu (11/11)

Cedera rekan setim Wijnaldum di Liverpool, Van Dijk, menjadi pukulan telak bagi Liverpool dan juga Oranje, menjelang serangkaian pertandingan penting untuk klub dan negara.

Kiper Everton Jordan Pickford yang mencederai Van Dijk menerima banyak kritik selama derbi Merseyside yang memanas. Striker Olympique Lyon dan bintang Belanda Memphis Depay, khususnya, sangat pedas dalam penilaiannya terhadap tekel kiper Inggris itu pada rekan senegaranya. "Saya tidak melihat Pickford mengatasi diri sendiri. Aneh Anda bisa melukai seseorang seperti itu. Saya akan berhenti di situ. Itu menyakiti seluruh tim, tapi Van Dijk yang paling terluka."

Wijnaldum mengungkapkan bahwa sang bek sedang memulihkan diri dari cedera. "Virgil (van Dijk) sedang mengalami petaka sekarang, saya tidak perlu menjelaskannya kepada Anda. Ini adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada pesepak bola. Dia harus menikmati keluarganya sekarang dan dengan kehendak Tuhan dia bisa kembali."

Belanda akan ambil bagian dalam UEFA Nations League dengan pertandingan melawan Spanyol dan Bosnia-Herzegovina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement