Rabu 11 Nov 2020 08:04 WIB

Enrique tak Terpengaruh Keraguan Publik pada Timnas Spanyol

Luis Enrique hanya akan memanggil pemain dengan kualitas terbaik.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique.
Foto: EPA-EFE/Philipp Guelland
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Jelang laga persahabatan menghadapi Belanda, Kamis (12/11) dini hari WIB, pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique menyatakan, tidak akan terpengaruh pada keraguan publik terhadap skuatnya. Salah satu bintang muda La Furia Roja, Ansu Fati, dipastikan absen karena cedera parah yang didapatkan saat membela Barcelona, akhir pekan lalu.

Mengetahui hal ini, Enrique menegaskan, masih memiliki stok pemain lain. Spanyol akan menghadapi Belanda dalam laga persahabatan, Rabu (11/11) waktu setempat.

 "Saya tidak berusaha menyenangkan semua orang. Saya hanya akan berbicara tentang pemain yang sudah ada saat ini," kata Enrique seperti dilansir Marca, Rabu (11/11).

Mantan pelatih Barcelona itu memastikan tidak akan memilih pemain berdasarkan latar belakang usia, dan hal-hal lain yang tidak esensial untuk tim. Ia hanya akan memanggil pemain dengan kualitas terbaik.  "Saya tidak akan membuat pengecualian, melainkan dari kontribusi. Saya suka pemain seperti Asensio karena kepercayaan dirinya. Saya juga menghormati pemain lain," ujarnya.

Enrique juga tidak memusingkan performa pemainnya yang kurang apik di klub masing-masing. Ia menyadari tim seperti Real Madrid sedang tidak konsisten di Liga Champions. Sementara Barcelona sedang kesulitan di La Liga Spanyol.  "Saya tidak akan bicara soal Liga Champions. Mari kita lihat apa yang terjadi di Euro tahun depan," ucapnya.

Di satu sisi, timnas Belanda sedang dalam perbaikan kondisi setelah ditinggalkan Louis van Gaal pada 2014 lalu. Kebangkitan tim Oranje mulai terlihat saat Ronald Koeman menjadi pelatih.

Namun, Koeman memilih hengkang ke Barcelona. Kendati demikian, Enrique akan tetap mewaspadai perlawanan Belanda karena kini dilatih oleh mantan rekan setimnya di Barcelona, Frank de Boer. "Saya punya banyak teman dari Belanda dan mantan kompatriot Frank de Boer selama bertahun-tahun. Kami teman yang baik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement