Selasa 10 Nov 2020 22:48 WIB

Ayat-Ayat Alquran yang Pernah Dikutip Presiden Rusia Putin 

Presiden Rusia Putin dikenal sebagai sosok yang dekat dengan dunia Islam

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
 Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai sosok yang dekat dengan dunia Islam
Foto: Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo
Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai sosok yang dekat dengan dunia Islam

IHRAM.CO.ID, MOSKOW— Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai sosok pemimpin yang akrab dengan dunia Islam, bahkan beberapa kali menunjukkan sikap ramahnya terhadap umat Islam. 

Dalam beberapa kesempatan, Putin m mengutip ayat Alquran dalam pidatonya. Redaksi Ihram.co.id mencatat beberapa ayat suci Alquran yang pernah dikutip Presiden Putin yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga

QS As-Syura ayat 23

Ayat ini sendiri menjelaskan tentang perbuatan baik seseorang nantinya akan diganjar dengan balasan baik. Dalam  QS asy-Syura ayat 23 Allah SWT berfirman:

ذَٰلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۗ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ وَمَنْ يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

"Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahp pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan". Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri."

Putin mengutip ayat tersebut dalam upacara memperingati Hari Persatuan Nasional Rusia pada 4 November lalu.  Pidato Putin tersebut disampaikan kepada perwakilan dari berbagai agama di Rusia melalui video-conference.  Dia membaca surat Asy-Syura ayat 23 dengan terjemahan Alquran berbahasa Rusia. 

QS An-Nahl ayat 128:   

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan."

Dilansir dari AhlulBayt News Agency (ABNA), Putin mengutip ayat-ayat itu untuk berbicara tentang persahabatan, perbuatan baik dan pahala ilahi bagi mereka yang berbuat baik. 

Selain mengutip ayat-ayat Alquran, dia juga mengutip ayat-ayat dari kitab suci agama lain, termasuk Kristen, dan Yahudi. Dalam pidatonya, Presiden Rusia ini juga mengkritik orang-orang yang melukai perasaan umat beragama atas nama kebebasan berbicara.

QS Ali Imran 123

 وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا 

“Dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara.”

Ayat tersebut dia kutip saat menyampaikan pernyataan bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani setelah menggelar pertemuan tinggi, di Ankara tahun lalu.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement