Selasa 10 Nov 2020 19:41 WIB

Pasang Surut Pesepak Bola Top Eropa

Sejumlah bintang di sepak bola Eropa mengalami pasang surut.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Christian Eriksen
Foto: EPA-EFE/RICCARDO ANTIMIANI
Christian Eriksen

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sejumlah bintang di sepakbola Eropa mengalami pasang surut, dalam beberapa bulan terakhir. Menurut Marca, keadaan para jugador tersebut lebih condong pada situasi negatif.

Ada yang belum mendapat banyak kesempatan unjuk gigi. Ada yang sudah sering diturunkan, namun menunjukkan performa melempem.  Bahkan ada yang dibekukan sama sekali. Artinya sejauh musim 2020/21 berjalan, tak jua merasakan atmosfer lapangan hijau.

Baca Juga

"Sejumlah pemain top Eropa mengalami kesulitan di klub masing-masing. Mereka sangat butuh perubahan yang menguntungkan, secepatnya," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Selasa (10/11).

Siapa saja para jugador tersebut? Pertama ada nama Isco. Gelandang berusia 28 tahun ini bukan pilihan utama Zinedine Zidane di Real Madrid.

Namun Zidane sempat menurunkan pesepakbola Spanyol ini, sebagai starter di sejumlah laga. Eks Valencia dan Malaga itu, tidak merespon lewat sebuah permainan apik.

Sejauh musim 2020/21 berjalan, Isco sudah mentas selama 260 menit pada ajang La Liga. Namun di Liga Champions, ia belum merumput sama sekali.

Selanjutnya Paulo Dybala. Pemain nomor 10 milik Juventus ini merupakan pesepakbola terbaik Serie A musim lalu.

Kali ini, ceritanya sedikit berbeda. Dybala diproyeksikan menjadi sosok penting di belakang Cristiano Ronaldo-Alvaro Morata. Hingga kini, keadaan belum berjalan seperti itu.

Dia baru tampil dalam 160 menit di Serie A musim 2020/21. Aksinya pun mulai dikritik. Pirlo bahkan sering mengganti formasi, lantaran penampilan La Joya sebagai penyerang lubang, masih jauh dari kata memuaskan.

Berikutnya, Mesut Oezil. Pesepakbola Jerman itu dinilai sudah selesai. Pelatih Arsenal, Mikel Artata bahkan tak memasukkan nama Oezil di skuat the Gunners pada ajang Liga Primer Inggris musim ini.

Keempat, Marco Asensio. Belakangan Zidane rajin menurunkan Asensio sebagai starter Madrid.

Asensio baru sembuh dari cedera lutut parah. Itulah mengapa sang winger dinilai belum tampil trengginas seperti musim-musim sebelumnya.

Sejauh musim ini berjalan ia sudah mentas dalam 352 menit di La Liga, kemudian 238 menit di Liga Champions. Asensio belum mencetak gol sama sekali. 

Kelima, Kepa Arrizabalaga. Kiper asal Spanyol ini sudah tergusur. Status penjaga gawang utama Chelsea FC, kini menjadi milik Edouard Mendy. Nampaknya eks Athletic Blibao itu semakin dekat dengan pintu keluar Stadion Stamford Bridge. 

Kemudian beberapa sosok terus berjuang menemukan performa terbaik mereka. Ada Dele Alli di Tottenham Hotspurs, juga Christian Eriksen di Inter Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement