Selasa 10 Nov 2020 16:50 WIB

Polri Bangga Kapolri Pertama Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Dia adalah Kapolri pertama yang diakui jadi peletak dasar struktur, watak kepolisian.

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mewakili keluarga besar Polri menyampaikan rasa bangga atas gelar pahlawan nasional yang disematkan kepada Kapolri pertama Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. Dia adalah Kapolri pertama yang diakui sebagai peletak dasar struktur, watak, dan falsafah kepolisian Indonesia.

"Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahnya Jendral Polisi RS Soekanto menjadi pahlawan nasional," ujar Argo dalam keterangannya, Selasa (10/11).

Baca Juga

Menurut Argo, keberadaan Kapolri pertama yang dilantik pada 29 September 1945 sebagai tokoh bangsa ini tampak jelas dari pergumulannya. Kemudian juga dari lingkungan, dialognya dengan sejarah dan pemikiran serta tindakanya menjadi pondasi Kepolisian Nasional yang sangat dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat. 

Apalagi kondisi saat itu, dalam ancaman terhadap integritas Indonesia di masa revolusi, perang dan pergolakan internal dalam negeri. Maka Polri sangat bangga atas disematkannya gelar pahlawan nasional kepada Jendral Polisi RS Soekanto oleh pemerintah melalui Presiden Joko Widodo.

"Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia," ungkap Argo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement