Selasa 10 Nov 2020 11:22 WIB

Beda dengan Nyinyiran Macron, Putin Malah Sitir Ayat Alquran

Putin kembali sitir ayat Alquran

Presiden Vlademir Putin berdiskusi dengan perwakilam Musim Rusia.
Foto: Google.com
Presiden Vlademir Putin berdiskusi dengan perwakilam Musim Rusia.

IHRAM.CO.ID, MOSKOW— Presiden Rusia Vladimir Putin yang ramah terhadap Islam memang beda dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang cenderung nyinyir dengan Islam. Rusia di tangan kepemimpinan Putin kini memang mengadopsi ajaran Islam dengan terbuka. Dan Putin sadar betul sebab populias Muslim di Rusia sangat besar.

Uniknya, untuk kesekian kalinya Putin yang gemar olah raga belad diri itu mengutip ayat Alquran dalam pidatonya. Kali ini, Putin yang beragama Kristen itu tanpa sungkan mengutip ayat Alquran dalam upacara memperingati Hari Persatuan Nasional Rusia pada 4 November lalu. 

 
Ayat ini sendiri menjelaskan tentang perbuatan baik seseorang nantinya akan diganjar dengan balasan baik. Dalam  QS asy-Syura ayat 23 Allah SWT berfirman:
 

ذَٰلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۗ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ وَمَنْ

يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

 

"Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahp pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan". Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." Putin juga mengutip Surah al-Nahl ayat 128; 

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan."

Dilansir dari AhlulBayt News Agency (ABNA), Putin mengutip ayat-ayat itu untuk berbicara tentang persahabatan, perbuatan baik dan pahala ilahi bagi mereka yang berbuat baik. 

Selain mengutip ayat-ayat Alquran, dia juga mengutip ayat-ayat dari kitab suci agama lain, termasuk Kristen, dan Yahudi. Dalam pidatonya, Presiden Rusia ini juga mengkritik orang-orang yang melukai perasaan umat beragama atas nama kebebasan berbicara.

Tak hanya kali ini, Putin mengutip ayat Alquran.  Saat menyampaikan pernyataan bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani setelah menggelar pertemuan tinggi, di Ankara tahun lalu, Putin mengutip Surat Ali Imran ayat 103 ketika menyerukan perdamaian di Yaman.  

"Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika mau dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya, kamu menjadi saudara," kata Putin di Ankara.        

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement