Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Selasa 10 Nov 2020 09:32 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma

Foto: dok. KIP/Setwapres
Jokowi memimpin upacara peringatan hari pahlawan nasional 2020 di TMP Kalibata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan hari pahlawan nasional 2020 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11). Upacara digelar pada pukul 08:10 WIB dan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara.

Dipantau melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin tampak tiba pada pukul 08:08 WIB. Pelaksanaan upacara peringatan di tengah pandemi ini dilakukan dengan protokol kesehatan. Baik Presiden Jokowi maupun Wapres Maruf Amin tampak mengenakan jas hitam dengan masker berwarna hitam.

Mengawali upacara, dilakukan penghormatan kepada arwah pahlawan. Kemudian terdengar suara sirine panjang untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi saat memimpin.

Presiden Jokowi kemudian melakukan penghormatan dengan meletakkan karangan bunga di Tugu TMP Kalibata Jakarta, tepat di bawah patung burung Garuda. Setelah mengakhiri upacara, Jokowi dan Maruf Amin melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Sebelumnya, Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyebut, akan ada enam tokoh yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tahun ini.

Keenam tokoh tersebut yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Macmud Singgirei Rumagesan – Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto, Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, MR. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional dijadwalkan digelar di Istana Negara pukul 10.00 WIB nanti.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA