Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Angkut Limbah B3 Covid-19, Pekanbaru Pakai 12 Transporter

Selasa 10 Nov 2020 05:15 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Limbah B3 medis. Ada 12 transporter yang dimanfaatkan Pekanbaru untuk membawa limbah B3 dari penanganan Covid-19. Limbah dikirim ke Jakarta untuk dimusnahkan.

Limbah B3 medis. Ada 12 transporter yang dimanfaatkan Pekanbaru untuk membawa limbah B3 dari penanganan Covid-19. Limbah dikirim ke Jakarta untuk dimusnahkan.

Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Limbah B3 Covid-19 dari Pekanbaru dibawa ke Jakarta dengan transporter.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru mengoperasikan sebanyak 12 transporter untuk mengangkut limbah B3 Covid-19 yang dihasilkan dari berbagai rumah sakit dan klinik. Limbah tersebut akan dikirim ke Jakarta untuk dimusnahkan.

"Limbah B3 Covid-19 itu berasal dari semua rumah sakit, klinik, Puskesmas, dan sejenisnya, mereka telah bekerja sama dengan transpoter pengangkut limbah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Agus Pramono, dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut Agus, untuk teknis pengambilannya, limbah-limbah tersebut dikumpulkan terlebih dahulu dan selanjutnya baru dibawa ke Jakarta. DLHK dalam hal ini  hanya bertugas melakukan pengawasan terhadap pengambilan limbah B3 mengingat limbah jenis itu  tidak boleh terlalu lama dikumpulkan sebelum dikirim.

"Ada aturannya, tidak boleh menugumpulkan terlalu lama, kecuali kalau disimpan dalam kulkasnya atau ruang pendingin," katanya.

Tugas DLHK melakukan pemantauan melalui manifestnya. Pihaknya juga punya jaringan dari Kementrian LHK sebab mereka juga dipantau Kementerian LHK, apalagi izin operasionalnya berasal dari Kemen LHK dan Dishub.

"Kami pantau saja di sepanjang jalan, menuju dibawa ke Jakarta," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA