Selasa 10 Nov 2020 00:50 WIB

TNI AU Tegaskan Kabar Hercules Jatuh di Papua tidak Benar

TNI memastikan seluruh kapal hercules sudah aman berada di pangkalan

TNI memastikan seluruh kapal hercules sudah aman berada di pangkalan Ilustrasi pesawat C-130 Hercules TNI AU
Foto: Putra M. Akbar/Republika
TNI memastikan seluruh kapal hercules sudah aman berada di pangkalan Ilustrasi pesawat C-130 Hercules TNI AU

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA— Komandan Pangkalan Udara TNI AU Silas Papare, Marsekal Pertama TNI Budi Achmadi, menegaskan berita tentang pesawat transportasi berat C-130 Hercules jatuh adalah tidak benar atau hoaks.

"Kami memastikan semua (C-130) Hercules yang dioperasikan ke Papua sudah berada di pangkalan," kata dia, di Jayapura, Papua, Senin (9/11).

Baca Juga

Beberapa waktu lalu beredar foto-foto kecelakaan yang menimpa C-130 Hercules TNI AU. Foto-foto itu menyajikan gambaran potongan-potongan pesawat transportasi berat itu di pegunungan di Papua. Foto-foto ituadalah foto insiden penerbangan militer yang terjadi empat tahun yang lalu dan terjadi di Wamena, Papua Barat, pada 18 Desember 2016.

C-130HS Hercules TNI AUdengan nomor registrasi A-1334 yang ada dalam foto yang beredar itu jatuh dalam penerbangan dari Timika ke Wamenapada 18 Desember 2016. Dalam insiden di sekitar Gunung Lisuwa sesaat hendak mendarat di Bandara Wamena itu 12 orang menjadi korban.

Dengan demikian, TNI AU memastikan berita yang beredar belakangan ini bahwa ada C-130 Hercules jatuh di Papua adalah berita bohong alias hoaks, karena tiga unit C-130 HerculesTNI AU yang saat ini dioperasikan di sana sudah berada di pangkalan.

"Dalam insiden itu (pada 18 Desember 2020), 12 orang menjadi korban," kata Achmadi yang berlatar penerbang tempur di Skuadron Udara 14 TNI AU dengan nickname Panther itu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement