Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Jessica Henwick: Tak Ada Stereotip Asia di The Matrix 4

Senin 09 Nov 2020 19:37 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Jessica Yu Li Henwick tak ingin mendapat peran yang menggambarkan stereotipe orang Asia.

Jessica Yu Li Henwick tak ingin mendapat peran yang menggambarkan stereotipe orang Asia.

Foto: EPA
Jessica Henwick beradu akting dengan Keanu Reeves di The Matrix 4.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Inggris, Jessica Yu Li Henwick, bertekad untuk tak lagi menciptakan stereotip terhadap sosok orang Asia di sepanjang karier aktingnya, termasuk di film mendatangnya,The Matrix 4. Selama ini, Henwick yang keturunan Asia memerankan banyak peran yang menjauhkan dirinya dari stereotip orang Asia.

"Saya ingin membuat peran yang tidak cukup saya lihat di layar. Saya benar-benar merasakan tekanan dari diri saya sendiri untuk tidak menciptakan stereotipe lebih dari yang sudah dihadapi orang Asia,” ujar Henwick, dilansir laman Ace Showbiz, Senin (9/11).

Henwick mencatat, pada filmografinya, ada banyak peran di mana ia menjadi orang Asia. Namun, aktris asal Inggris dengan ibu keturunan China Singapura menegaskan bahwa itu tidak ada hubungannya dengan orang Asia dan etnis karakter tersebut tidak ditentukan dalam naskah.

"Saya hanya ingin membuat peran yang saya rasa tidak cukup saya lihat di layar. Saya ingin menceritakan cerita yang saya rasa belum pernah diceritakan,” tutur dia.

Henwick telah muncul di beberapa waralaba besar di sepanjang kariernya, termasuk Star Wars: The Force Awakens dan Game of Thrones hingga sinema Marvel. Kepada NME, dia mengakui bergabung dengan film bergengsi membuatnya dia merasa seperti berhalusinasi.

Apalagi, Henwick tumbuh besar dengan menonton film-film tersebut. Dia pun merasa tak menyangka bisa bergabung sebagai pemeran di sejumlah sinema yang ditontonnya sejak kecil.

"Pertama kali Keanu (Reeves) berbicara dalam karakter dan mengucapkan dialog Neo, Yahya (Abdul-Mateen II) dan saya berbagi pandangan seperti, 'Ya Tuhan, ini terjadi!'"

Karakter Henwick dalam film baru belum diungkapkan. Namun, seperti halnya pekerjaannya yang lain, dia melakukan upaya sadar untuk memastikan karakter itu tidak menjadi stereotipe Asia.

Film keempat The Matrix yang akan datang akan menampilkan kembalinya Keanu Reeves, Carrie-Anne Moss, Jada Pinkett Smith, Lambert Wilson, dan Daniel Bernhardt. Neil Patrick Harris, Yahya Abdul-Mateen II, Jessica Henwick, Jonathan Groff, dan Priyanka Chopra termasuk di antara pemain baru dalam film yang kembali diarahkan oleh Lana Wachowski.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA