Selasa 10 Nov 2020 01:10 WIB

Pengunjung Warung Kopi dan Stadion Jadi Sasaran Tes Usap

Dinkes Pontianak melakukan tes usap pada pengunjung warung kopi dan stadion

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Dinkes Pontianak melakukan tes usap pada pengunjung warung kopi dan stadion. Ilustrasi.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Dinkes Pontianak melakukan tes usap pada pengunjung warung kopi dan stadion. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menyatakan telah mengambil sampel 37 sampel usap pengunjung warung kopi dan Stadion Sultan Syarif Abdurahman (SSA) Pontianak yang hasil tes cepatnya reaktif. Hasil tes usap Covid-19 itu baru akan diketahui pada Selasa (10/11) besok.

"Hari ini sampelnya baru kami kirim ke Laboratorium RSUD Untan Pontianak dan Insya Allah besok sudah bisa diketahui hasilnya," kata Sidiq di Pontianak, Senin.

Baca Juga

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 Kota Pontianak kembali menemukan 16 orang pengunjung SSA Pontianak yang hasil tes cepatnya reaktif pada Ahad (8/11).

Dari 98 pengunjung yang menjalani tes cepat, sebanyak 16 orang hasil tes cepatnya dinyatakan reaktif dan langsung dilakukan tes usap. Hal itu bertujuan untuk mengetahui positif ataupun negatif Covid-19 terhadap 16 orang itu.

Kemudian, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pontianak pada Sabtu malam (7/11) juga melakukan tes cepat di Warkop Aming dan beberapa warkop yang ada di Kota Pontianak. Hasil tes menemukan 21 orang reaktif dari sebanyak 200 orang yang menjalani tes usap.

Sidiq menambahkan Dinkes Kota Pontianak saat ini telah meningkatkan pelayanan dan fasilitas rumah sakit. Peningkatan dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya pasien setelah ditetapkannya Pontianak sebagai zona merah Covid-19.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono tak henti-hentinya mengimbau warga di kota itu agar tetap mentaati protokol kesehatan dan memperkuat imunitas diri dalam mencegah penularan Covid-19. "Saya imbau kepada warga Kota Pontianak agar tetap mentaati protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun," katanya.

Selain itu, warga juga diminta agar memperkuat imunitas diri sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement