Senin 09 Nov 2020 17:01 WIB

Tingkat Konsumsi Oktober 2020 Masih Tertahan

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2020 sebesar 79,0.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Konsumen/ilustrasi
Foto: IST
Konsumen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan perbaikan keyakinan konsumen masih tertahan pada Oktober 2020. Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2020 sebesar 79,0, lebih rendah dibandingkan dengan 83,4 pada September 2020.

"Komponennya, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada pada level optimis dengan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 106,6," katanya dalam keterangan pers, Senin (9/11).

Baca Juga

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat didukung oleh ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja ke depan. Sementara itu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah seiring keyakinan konsumen terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang menurun.

Hal tersebut ditengarai sebagai dampak dari belum pulihnya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Kondisi keuangan konsumen tercatat mengalami kenaikan. Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi pada Oktober meningkat tipis dari bulan sebelumnya.

Proporsi tersebut sebesar 69,4 persen dari 68,8 persen. Peningkatan proporsi tersebut diikuti dengan menurunnya rata-rata proporsi pendapatan yang disimpan, dari 19,3 persen menjadi 19,3 persen. Rasio rata-rata pembayaran utang juga menurun tipis dari 11,4 persen menjadi 11,3 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement