Senin 09 Nov 2020 16:16 WIB

 Mourinho: Kontribusi Kane Bukan Hanya Torehan Gol

Kane menorehkan rekor baru di sejarah Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.
Foto: EPA-EFE/Dave Thompson
Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lewat gol Harry Kane pada menit ke-88, Tottenham Hotspur memastikan raihan tiga angka saat melawat ke markas West Bromwich Albion pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris, Ahad (8/11) dini hari WIB. Selain memastikan kemenangan Spurs, gol via sundulan itu juga membawa Kane menorehkan rekor baru di sejarah Liga Primer Inggris.

Itu menjadi gol ke-150 striker asal Inggris itu selama berkiprah di kancah Liga Primer Inggris. Striker berusia 27 tahun itu pun menempati urutan kesembilan dalam daftar pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Kane berbagi tempat dengan eks striker Liverpool, Michael Owen, yang juga mengemas 150 gol.

Baca Juga

Namun, untuk urusan kecepatan menorehkan rekor 150 gol, Kane jauh lebih unggul dari Owen. Kane sudah mengemas 150 gol dari kesempatan merumput di 218 laga. Bahkan, dalam hal kecepatan menorehkan rekor 150 gol di Liga Primer Inggris, hanya ada dua pemain yang lebih baik dari Kane, yaitu Sergio Aguero (217 laga) dan Alan Shearer (212 laga). 

Kendati begitu, buat pelatih Spurs, Jose Mourinho, kontribusi terbesar striker terhadap performa tim bukan hanya sekedar torehan gol, tapi juga kemampuan pemain tersebut untuk terlibat dalam permainan tim. Bukan hanya soal membantu membangun struktur serangan, tapi juga ikut turun ke lini belakang saat tampil bertahan. 

Kemampuan ini, kata Mourinho, sudah dimiliki oleh Kane. ''Banyak dari penyerang hebat memiliki rekor apik dalam torehan gol, tapi kosong di aspek lainnya. Harry Kane, Anda bisa katakan, punya catatan gol, catatan assist, rekor menang saat duel perebutan bola, dan keberhasilan menghalau serangan lawan. Itulah Kane. Kontribusinya bukan sekedar gol, tapi juga aspek lainnya. Buat saya, bukan torehan gol, tapi soal Kane sebagai pemain yang komplet,'' tutur Mourinho seperti dilansir Football.London, Senin (9/11).

Pada musim ini, Kane memang terbukti lebih baik, terutama dalam urusan memberikan assist. Selain telah mencetak tujuh gol dari delapan penampilan di Liga Primer Inggris, kapten timnas Inggris itu juga telah mengemas delapan asssit. Secara keseluruhan, Kane telah mencetak 13 gol dan 10 assist dari 14 penampilan di semua ajang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement