Selasa 10 Nov 2020 03:34 WIB

Pemain Muda Persib Ikut Lisensi Kepelatihan C

Agung bersama beberapa peserta dari pemain liga mempelajari dasar menjadi pelatih.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi Permainan Sepak Bola
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Permainan Sepak Bola

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Terhentinya kompetisi sepak bola di Indonesia tidak menyurutkan pemain muda Persib Bandung, Agung Mulyadi, untuk tetap produktif. Pemain yang saat ini dipinjamkan ke Bandung United ini tengah mengikuti kursus lisensi kepelatihan C AFC di Bali.

Selama lebih dari dua pekan, Agung bersama beberapa peserta dari pemain liga mempelajari dasar menjadi pelatih. Agung menyebut dia sengaja mengambil lisensi karena ada tawaran yang datang padanya.

"Jadi ada program PSSI dan Kemenpora untuk lisensi C gratis bagi pemain liga aktif dan pensiun. Begitu ada tawaran ke Agung ini bisa jadi kesempatan untuk ke depan kalau sudah tidak main bola," kata Agung saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (8/11).

Agung menyebut liga terhenti membuat proses perizinan tidak terlalu sulit. Persib pun telah memberikan izin dan rekomendasinya. Selain Persib, ada nama pemain lain, M Natshir, yang juga ikut ambil bagian dari lisensi ini.

Pemain jebolan Diklat Persib ini baru menginjak usia 23 tahun dan menjadi salah satu pemain liga aktif. Ia pun bergabung dengan pemain aktif lainnya seperti Achmad Jufriyanto, Boaz Salossa, I Gede Sukadana, dan nama besar lainnya.

"Selama kursus tidak terlalu kaget juga ya, karena semua pemain bola. Tapi karena kami dasarnya main bola jadi di kursus pelatih ini ternyata banyak yang belum kami tahu," kata Agung.

Agung merupakan lulusan dari jurusan Pendidikan Kepelatihan di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Ia mengakui ada perbedaan dari ketika kuliah dan saat kuliah. Ia mempelajari kepelatihan dari segala cabang olahraga.

"Secara teknis hampir sama, tapi dulu semua cabang olahraga dipelajari, yang spesifik soal sepak bola ada tapi tidak se-detail ini. Tapi paling tidak Agung tidak kaget karena sudah ada dasar," kata Agung.

Agung mengakui belum memiliki rencana jangka pendek untuk langsung melanjutkan ke jenjang Lisensi Kepelatihan B AFC. Dia pun masih ingin menjadi pemain sepak bola meski dengan lisensi C sudah bisa menjadi asisten pelatih Liga 3.

"Rencana mungkin ada, tapi Agung masih ingin bermain. Tapi ilmu ini Agung bisa terapkan karena sering bantu latih SSB di dekat rumah, jadi bisa transfer ilmu dan mempraktikan apa yang didapat di sini," kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement