Senin 09 Nov 2020 12:55 WIB

Kolaborasi Kemenkop dengan Shopee Dongkrak Omzet UMKM

Dampak pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para UMKM berproduksi.

Rep: iit septyaningsih/ Red: Hiru Muhammad
Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menandatangani dokumen pencairan bantuan UMKM di kantor BRI Lhokseumawe, Aceh, Jumat (11/9/2020). Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh menetapkan sebanyak 33.409 unit Pelaku Usaha Mikro terdampak COVID-19 mendapatkan bantuan Rp2,4 juta.
Foto: ANTARA/Rahmad
Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menandatangani dokumen pencairan bantuan UMKM di kantor BRI Lhokseumawe, Aceh, Jumat (11/9/2020). Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh menetapkan sebanyak 33.409 unit Pelaku Usaha Mikro terdampak COVID-19 mendapatkan bantuan Rp2,4 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dengan Shopee, raih nilai penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga ratusan juta rupiah. Terdapat sebanyak 351 UMKM yang berpartisipasi. 

UMKM yang lolos kurasi dan seleksi tersebut meliputi berbagai subsektor seperti fashion, makanan dan minuman kemasan, kesehatan, kecantikan. Dengan begitu mereka bisa hadir pada halaman khusus Festival Belanja Online di Shopee.

Kemenkop menyatakan, dampak pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para UMKM berproduksi. Terbukti, program Festival Belanja Online sudah berhasil menciptakan 4.708 total transaksi dalam kurun waktu satu minggu setelah program berjalan sejak 19 Oktober lalu.

Festival Belanja Online tidak hanya hadir dalam halaman khusus di Shopee saja, namun dalam pelaksanaannya setiap Kamis sampai Minggu setiap minggunya, terdapat live streaming bertajuk 'Ngobrol dan Ngobral'. Pada sesi Ngobrol lebih memberikan wadah informasi dan ilmu seputar digitalisasi UMKM. Sedangkan pada sesi Ngobral sebagai wadah para UKM melakukan penjualan secara langsung produk atau promosi mereka yang dapat dibeli langsung pada saat live streaming berjalan. 

Live streaming yang berjalan pada akun Shopee festivalbelanjaonline_kemenkop sudah berjalan 8 kali, dengan rata-rata penontonnya sebanyak 200 sampai 300 viewers per sesinya. Tidak hanya melibatkan narasumber dari Kementerian Koperasi, Influencer, Digital Marketing Spesialis, dan Content Creator tetapi sobat UMKM juga ada yang terpilih untuk hadir pada live streaming.

“Sejauh ini, program Festival Belanja Online yang akan berjalan sampai tanggal 9 November nanti, sudah selaras dengan upaya Kementerian Koperasi & UMKM mengatasi dampak perekonomian UMKM di tengah pandemi. Antara lain sudah mencakupi tahapan Mitigasi & Survive serta Reactive yang tidak hanya melakukan pendampingan, melainkan juga sebagai upaya program pemulihan ekonomi nasional,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit, melalui siaran pers pada Senin (9/11).

Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, kerja sama yang terbina dengan Kemenkop merupakan langkah lanjutan dalam mendukung keberlangsungan bisnis UMKM. "Kami senang sekali dapat terlibat memfasilitasi Festival Belanja Online sebagai bentuk peluang dan solusi positif untuk para pelaku UMKM binaan yang telah hadir di platform kami. Kami harap komitmen ini dapat membantu lebih banyak lagi pelaku UMKM agar dapat berkontribusi dalam menyikapi perubahan signifikan terhadap perekonomian Indonesia di tengah masa sulit ini," jelasnya. 

Guna menambah maraknya kegiatan Festival Belanja Online, pihak penyelenggara juga mengadakan give away bagi para penonton selama sesi Ngobral dan Ngobral berlangsung. Kemudian, festival Belanja Online ini memiliki titel yang unik pada masing-masing sub kategorinya. 

Pada subsektor fashion berjudul Adiwarna Nusantara yang artinya bagus atau indah, subkategori makanan minuman dengan nama Rasantara yang merupakan gabungan dari kata Rasa dan Nusantara. Sedangkan kesehatan dan kecantikan dengan nama Kirana Nusantara yang artinya pesona indah atau bercahaya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement